telkomsel halo

Ini agenda Kominfo untuk 2021

09:28:24 | 05 Jan 2021
Ini agenda Kominfo untuk 2021
Menteri Kominfo Johnny G. Plate
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melewati sepanjang tahun 2020 dengan cukup tangguh di tengah tantangan pandemi COVID-19.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan saat ini seluruh sivitas Kementerian Kominfo mengemban tanggung jawab untuk menjadikan Indonesia Terkoneksi melalui digitalisasi agar semakin maju.

"Yang pertama dari sisi satuan kerja masing-masing Kominfo, Presiden Joko WIdodo telah memberikan arahan kepada kita apa yang menjadi tugas kita. Pada intinya bahwa Bapak Presiden mengingatkan tantangan pandemi COVID-19 ini jangan menjadi faktor yang membuat kita mundur, khawatir dan takut berlebihan. Tetapi justru COVID-19 ini menjadi satu titik loncatan baru, bahkan bukan loncatan baru saja, loncatan raksasa, itu Presiden bilang," ujarnya.

Menurut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo harus mengambil peran untuk membantu masyarakat melakukan lompatan raksasa melalui penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang jauh lebih hebat dan jauh lebih kuat.

"Pada saat di mana kehidupan kemasyarakatan, kehidupan sosial dan kehidupan ekonomi justru saat ini bergantung pada tersedianya infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang jauh lebih hebat dan jauh lebih kuat. Bukan secara kebetulan, tapi memang bagian dari program Presiden untuk meningkatkan internet-link ratio di Indonesia. Untuk memperkecil digital divide yang merupakan bagian dari roadmap pembangunan nasional," paparnya menjelaskan agenda utama Kementerian Kominfo di tahun 2021.

Dalam rapat virtual itu, Menteri Kominfo tugas besar yang dihadapi bersama jajarannya saat ini menjadikan Indonesia terkoneksi yang kian dipercepat dengan adanya pandemi.

"Faktor akselerasinya adalah COVID-19 yang justru menjadi bagian dari pendorong Kominfo untuk bekerja lebih hebat lagi. Saya berharap Sekretariat Jenderal menjadi bagian terdepan untuk mengantar Kementerian Kominfo menjadi kementerian tidak saja komunikasi, tetapi juga kementerian digital yang progresif dan transformatif," tuturnya.

Menteri Johnny dalam menjalankan tugas besar yang harus dilakukan di awal tahun 2021 itu membutuhkan kolaborasi semua pihak, “Ini bukan pekerjaan yang main-main tapi pekerjaan yang betul-betul menjadi pekerjaan kolaborasi di antara kita sekalian,” jelasnya.

Selain itu, menurut Menteri Kominfo target Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju menjadi moto yang sangat penting bagi Indonesia saat ini. "Mengantarkan Indonesia sebagai bangsa digital dan mengambil bagian yang bermanfaat dari industri 4.0 yang  tidak bisa dihindari. Untuk itu maka kita terlebih dahulu harus mengantar Kementerian Kominfo, sebelum mengantar Indonesia terkoneksi kita mengantar dulu Kominfo Connect. Terkoneksinya Kominfo menjadi satu kekuatan yang besar sehingga di Kominfo semakin digital semakin maju,” paparnya.

Menteri Johnny menyatakan guna mewujdukan Indonesia semakin terkoneksi semakin maju, maka Kementerian Kominfo harus menjadi  role model.  "Saya meyakini apa lagi di Jakarta, tersedianya bandwidth cukup besar, jaringan-jaringan infrastrukturnya luar biasa hebatm dan manajemennya sistemnya yang kita harus atur agar pemanfaatannya itu optimal dan maksimal," tandasnya.

Menurut Menteri Johnny G. Plate, berbagai tantangan yang telah dilewati di tahun 2020 membangkitkan dan semakin mendorong adrenalin seluruh ASN Kominfo. "Mendorong semangat kita untuk bekerja lebih hebat, lebih baik, lebih cerdas bagi negeri yang kita cintai bersama ini," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Johnny menekankan bahwa semangat mengawali tahun 2021 diharapkan membawa seluruh sivitas Kementerian Kominfo mampu bekerja dengan produktifitas dan efisiensi yang tinggi. Namun juga dalam suasana relasi kekerabatan dan persahabatan yang lebih cair dan lebih dinamis.

"Pada saat menyapa jangan menjadi orang asing, kita harus menjadi bagian keluarga besar Kominfo yang membangun relasi personal, relasi struktural, relasi fungsional yang lebih baik. Don’t be a stranger, apalagi di antara kita bersama," tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba mengatakan, peserta acara Rapat Virtual Menkominfo Menyapa selain ASN Kementerian Kominfo juga Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sedang mengikuti masa orientasi.

"Sudah bergabung bersama kita sekitar 1.500 peserta secara virtual, selain pegawai Kominfo juga hadir CPNS Kominfo sebanyak 125 orang, 113 CPNS Formasi Umum tahun 2019 dan 12 CPNS Formasi lulusan STAN," tuturnya.

Kepada Menteri Kominfo, Sekjen Mira Tayyiba menjelaskan Kominfo juga telah membuka acara orientasi CPNS. "Dan acara ini Menkominfo Menyapa juga menjadi bagian dari pembekalan acara orientasi tersebut," jelasnya

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo,  CPNS nantinya akan melalui masa orientasi selama satu tahun sebelum nantinya diangkat menjadi PNS.  "Kehadiran adik-adik ini tentunya akan memberikan tambahan energi dan semangat bagi Kominfo dalam menjalankan berbagai agenda kerja, diantaranya transformasi digital dan penguatan komunikasi publik," ujarnya.

Dalam laporannya, Sekjen Mira Tayyiba menyatakan tahun 2021 Kementerian Kominfo diberikan kepercayaan untuk menjalankan alokasi anggaran lima kali lebih besar dari anggaran awal tahun 2020.

"Artinya kita harus siap berlari lima kali lebih kencang, membidik target lima kali lebih tepat, dan bekerjasama lima kali lebih kompak. Walaupun kita masih dalam tahap pemulihan ekonomi dan agenda pembangunan Kominfo bukan tugas yang sederhana. Insya Allah Pak Menteri, kita semua siap menjalankan tugas dibawah arahan Bapak untuk menjadikan Indonesia terkoneksi," tuturnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
More Stories
Data Center Service Provider of the year
XL Ditengah Pandemi