telkomsel halo

Indonesia jajaki kerjasama digital dengan Rumania

12:33:41 | 10 Okt 2022
Indonesia jajaki kerjasama digital dengan Rumania
Johnny G Plate
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Indonesia tengah menjajaki kerjasama di bidang digitalisasi dan keamanan siber dengan Rumania.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Riset, Inovasi, dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja di Bucharest, Rumania.  

“Kami mendiskusikan perkembangan ekosistem digital antarkedua negara, baik terkait digital talent, cyber security, radio communications, hingga upstream dan downstream teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Itu termasuk di dalamnya potensi membangun hubungan di sektor ekonomi digital, e-commerce, fintech, edutech, healttech, dan peningkatan kerja sama," jelas Johnny dalam rilisnya.

Menkominfo mengatakan, Pemerintah Republik Indonesia dan Rumania telah bersepakat untuk memprioritaskan peluang kerja sama dalam pembangunan infrastruktur TIK.

"Kami memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana negara-negara maju (mengembangkan ekosistem digital). Rumania dan Indonesia sepakat untuk bertukar pikiran dan mengembangkan pembangunan TIK di hulu dan hilir," katanya.

Menurutnya, Indonesia telah cukup berkembang di bidang perdagangan secara elektronik (e-commerce) dan berbagai sektor digital lainnya.

"Kita mempunyai dua decacorn, 14 unicorn, dan ribuan digital start-up, yang mana Rumania juga punya talenta digital bagus. Barangkali kita bisa kerja sama dan membangun relasi konkret di bidang digital, ekonomi, dan radio communications," ujar Johnny.

Sementara itu, Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania Sebastian-Loan Burduja juga menilai, Indonesia dan Rumania memiliki banyak kesamaan dalam pembangunan ekosistem digital. 

"Kami memiliki chemistry yang sangat positif di sini. Meskipun kami baru saja bertemu, saya pikir akan saling mendukung dan tim kami telah bekerja sama untuk waktu yang lama. Kami saling mendukung untuk pencalonan satu sama lain di Dewan ITU," ujarnya.

Pemerintah Rumania akan terus menjajaki beberapa jalur kebijakan, khususnya dalam penggelaran teknologi 5G sekaligus tindak lanjut nota kesepahaman (MoU) tentang transformasi digital yang sedang berjalan serta memastikan sumber daya manusia digunakan secara maksimal.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year