telkomsel halo

Indonesia dan Vietnam tingkatkan kerjasama di sektor digital

06:48:00 | 11 May 2023
Indonesia dan Vietnam tingkatkan kerjasama di sektor digital
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Republik Indonesia dan Vietnam akan menyusun Memorandum of Understanding (MoU) untuk meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara di sektor digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan payung hukum itu diharapkan akan memperkuat kerja sama dalam infrastruktur digital dan pemanfaatan ruang digital antarnegara.

"Indonesia dan Vietnam selama ini belum mempunyai payung kerja sama, sehingga tadi kami sepakati untuk membuat satu payung kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Indonesia dan Vietnam yang berhubungan dengan pengembangan infrastruktur digital dan ruang digital" jelasnya usai pertemuan bilateral dengan Menteri Digital Vietnam Nguyen Manh Hung di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5).

Selain pengembangan infrastruktur digital, Indonesia-Vietnam juga akan menyusun MoU untuk pemanfaatan ruang digital untuk digital ekonomi hingga upaya bersama dalam menangani cyber security serta pencegahan penyebaran hoaks dan disinformasi.

"Ini penting sekali kita lakukan bersama-sama agar ruang digital itu bisa bermanfaat bagi masyarakat kita secara maksimal. Combat fake news disinformation tentu sejalan dengan hukum dan aturan atau yang disebut dengan lawfull interceptions dan law full taking down. Itu yang kami diskusikan," tandas Menteri Johnny.

Dalam pertemuan itu, Menkominfo dengan Menteri Digital Vietnam berbagi pengalaman mengenai pengembangan infrastruktur digital.

"Saya bersama Menteri Digital Vietnam Bapak Nguyen Manh Hung, mendiskusikan serta sharing pengalaman dan informasi terkait dengan pengembangan ICT infrastruktur baik itu di Indonesia maupun di Vietnam," tutur Menkominfo.

Menurut Menteri Johnny, bersama Menteri Digital Vietnam Nguyen Manh Hung juga mendiskusikan arti penting penanganan ruang digital yang sehat agar bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa dari kedua negara.

"Tidak saja secara bilateral, tapi juga kerjasama di dalam ruang digital dan infrastruktur digital di kawasan ASEAN. Karena ini satu kawasan yang besar dimana menjadi growth area yang harus kita manfaatkan digitalisasinya untuk kepentingan pembangunan masyarakat," jelasnya.

Menteri Digital Vietnam Nguyen Manh Hung menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pertemuan tersebut. Menurutnya, Vietnam akan menindaklanjuti kesepakatan MoU tersebut yang rencananya dibahas pada bulan September 2023 nanti.

"Pada bulan September ini, kita sedang dalam MoU antara kedua kementerian (Kementerian Kominfo RI dan Kementerian Digital Vietnam) untuk membuat perjanjian kerja sama," jelasnya.

Menteri Nguyen Manh Hung menegaskan tindaklanjut dari hubungan kerja sama yang digagas bersama Menkominfo Johnny G. Plate itu akan menjadi daftar kemitraan terbaru antar kedua negara.

"Jadi saya pikir, kita memiliki banyak kesamaan untuk bekerja sama dengan mitra kami Indonesia, khususnya Kominfo," tandasnya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year