Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Ada kendala dana, Kominfo tetap jalankan proyek satelit Satria

05:58:32 | 10 Feb 2020
Ada kendala dana, Kominfo tetap jalankan proyek satelit Satria
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tetap memaksakan proyek Satelit Indonesia Raya (Satria) berjalan walau ada kendala pendanaan.

"Meski ada kendala soal pendanaan atau finansial closing pembuatan satelit Satria,  kami tetap optimistis bisa menyelesaikan tahapan financial closing bersama kedua lembaga yang dilibatkan dalam pembuatan satelit itu," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate pekan lalu.

Diungkapkannya, rencana pendanaan akan melibatkan dua negara yaitu BPI dari Prancis dan Asian Infrastructure Investment dari Tiongkok. "Kami mengalami kendala karena mulai malam ini juga pintu komunikasi transportasi dengan Tiongkok akan ditutup karena virus corona," ungkapnya.

Johnny menyebutkan satelit multifungsi Satelit Republik Indonesia atau Satria akan diluncurkan ke slot orbit pada tahun 2022. Kini tahapan satelit itu sudah mulai dibangun yang dikerjakan sejak akhir 2019 lalu.

Kegunaan Satria untuk membantu pemerataan akses jaringan komunikasi dan internet broadband di seluruh Nusantara. Saat ini masih ada 150.000 titik yang tidak dapat akses internet cepat.

"Satria ini diproyeksikan akan mendukung jaringan komunikasi untuk 93.900 sekolah, 47.900 kantor pemerintahan daerah, 3.700 puskesmas, dan 3.900 markas polisi dan TNI yang sulit dijangkau kabel optik," katanya.

Paket Phoenix
Menteri Kominfo menjelaskan, Satria ini dibangun oleh PT. Satelit Nusantara 3 dengan pembiayaan sebesar Rp6,4 Triliun. "Dana sebesar itu, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, di mana satelit itu memimilik kapasitas 150 gigabita perdetik dan kapasitas enam kali lipat dari satelit yang sudah ada di Indonesia," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Pengamat Telekomunikasi Heru Sutadi menyarankan proyek SATRIA dibatalkan saja ketimbang menjadi beban keuangan negara.

"Kita sudah ada pelajaran pahit dari pengadaan satelit komunikasi pertahanan nasional yang gagal total di periode pertama Presiden Jokowi. Baiknya batalkan saja Proyek Satria”, pungkasnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan