Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
telkomsel halo

Sojern tawarkan sistem berlangganan

07:58:44 | 13 Jan 2020
Sojern tawarkan sistem berlangganan
telkomtelstra januari - maret
SAN FRANCISCO (IndoTelko) - Sojern, penyedia solusi pemasaran digital yang melayani 10.000 pelanggan di lebih dari 140 negara mengumumkan sistem langganan kepada berbagai hotel dan jaringan perhotelan independen. Solusi serupa dalam versi komisi telah lama digemari para pelanggan Sojern dari sektor perhotelan.

Solusi tersebut dirancang untuk keperluan bisnis (enterprise-grade) dan dikembangkan demi membantu kampanye pemasaran yang dijalankan merek-merek pariwisata terbesar di dunia.

Kini, solusi serupa dengan sistem langganan baru tersedia bagi hotel-hotel berskala lebih kecil. Solusi ini juga hadir dengan harga yang lebih murah dalam satu platform. Solusi dengan paket langganan tersebut menjadi alternatif pemesanan langsung (direct booking) terhadap kerja sama distribusi hotel dengan agen perjalanan wisata daring (Online Travel Agency/OTA).

Solusi pemasaran digital Sojern menghadirkan periklanan yang sangat personal kepada kalangan konsumen di beragam perangkat dan kanal digital, seperti Facebook dan Instagram, video, iklan bergambar (display ad), serta pencarian internet (search). Materi iklan dan konten yang sesuai sasaran (targeted) akan mengarahkan pelanggan potensial ke situs web hotel sehingga mereka dapat melakukan pemesanan secara langsung.

Pemasaran online kini semakin rumit dan menyita waktu. Akibatnya, industri kian bergantung kepada OTA untuk mengisi kamar penginapannya.

Namun, hal ini kerap melibatkan tingkat komisi yang besar, apalagi, hotel tak memiliki hubungan langsung dengan pelanggan. Platform Sojern menemukan para wisatawan yang tengah mencari layanan perhotelan, dan memakai periklanan guna mengarahkan pemesanan langsung, serta meningkatkan arus pengunjung ke laman web milik hotel.

Semuanya dilakukan sambil menjalin hubungan langsung dengan pelanggan untuk pihak hotel. Sojern juga mengotomatisasi manajemen kampanye pemasaran, dan melakukan optimalisasi sehingga fokus pihak hotel tidak tersita oleh rumitnya pemasaran digital. Sebaliknya, pihak hotel bisa mengutamakan prioritas pentingnya: pengalaman tamu. Sejumlah keuntungan tambahan meliputi proses kreatif untuk materi iklan, A/B creative testing, layanan penerjemahan, serta analisis tentang pasar dan persaingan lokal.

Awalnya dikembangkan untuk merek-merek hotel terbesar di dunia, Sojern kini menawarkan berbagai solusi pemasaran digital bagi hotel-hotel dan jaringan perhotelan independen dalam dua cara berbeda—keduanya didukung ilmu data yang dikembangkan sendiri, lengkap dengan analis kesuksesan pelanggan: Pick Your Plan™, atau sistem langganan; dan Pay On The Stay™, atau paket dengan komisi.

Telkom Marketing 2
"Membuat situs web dan menerima pemesanan daring kini lebih mudah serta murah bagi pihak hotel. Namun, tantangannya tetap berkutat pada upaya untuk menarik wisatawan yang benar-benar mencari layanan perhotelan ke situs web mereka. Apakah praktisi perhotelan memiliki waktu, anggaran dana, atau keahlian untuk menguasai aktivitas pemasaran di Facebook, Instagram, iklan bergambar, video, iklan seluler, iklan native, dan media-media baru lainnya—terutama ketika mereka bersaing dengan pihak OTA yang memiliki anggaran iklan senilai miliaran dolar?" jelas Chief Solutions Officer, Sojern Kurt Weinsheimer.

Dikatakannya, Sojern telah mengamati perilaku wisatawan di perangkat seluler dan web digital sejak 2007. Lebih lagi, Sojern menyediakan berbagai solusi bagi merek-merek pariwisata terbesar di dunia. Dengan demikian, berbagai merek ini mampu meningkatkan porsi pemesanan langsung dan mencapai Indikator Kinerja Utamanya.

"Kami sadar, ada peluang untuk mengubah keahlian tersebut menjadi solusi ringkas bagi para praktisi perhotelan dengan anggaran dana yang lebih kecil. Biasanya, mereka enggan mengambil risiko dalam model penempatan media periklanan yang biasa," katanya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
Editorial
Tersandera OTT