Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

China Mobile bangun data center di Inggris

11:29:11 | 30 Dec 2019
China Mobile bangun data center di Inggris
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - China Mobile International Limited (CMI) resmi membuka Pusat Data (Data Center) di Inggris pada awal Desember.

Sebagai pusat data yang dibangun secara khusus, fasilitas ini menjadi pusat data pertama CMI di Eropa. Pusat data tersebut juga melengkapi jaringan global CMI yang terus berkembang. Berfungsi sebagai pusat International Network Exchange dan Internet Data Centre (IDC), Pusat Data di Inggris mendukung program Belt and Road dengan menyediakan konektivitas, serta membantu hubungan yang lebih erat antara Asia dan Eropa.

Dengan perluasan jaringan pusat data globalnya ke Inggris, CMI mendukung konektivitas yang lebih baik untuk perusahaan multinasional dari Asia Pasifik dan Eropa di era globalisasi digital yang baru. Pusat Data di Inggris langsung terhubung dengan pusat data CMI di Singapura yang baru dibuka, Global Network Centre (GNC) di Hong Kong, Tiongkok, serta infrastruktur komunikasi seluler dan jaringan cloud CMI yang berskala global. CMI juga sedang membangun pusat data khusus di Frankfurt, Jerman, dan di beberapa lokasi lainnya.

Pusat data di Inggris memiliki koneksi langsung dengan local ring CMI di Eropa dan sistem kabel SMW5 Asia-ke-Eropa. Dengan demikian, pusat data ini terhubung ke sistem kabel bawah laut di Asia Pasifik milik CMI, yakni SJC, APG dan SJC2. Hal tersebut memperlancar koneksi di dalam dan antara wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika, Samudera Hindia serta Asia Pasifik. Lewat koneksi ini, pelanggan korporat memperoleh berbagai macam konektivitas berkecepatan tinggi dengan sumber daya jaringan global yang luas dari CMI.

Pusat data di Inggris juga memanfaatkan sistem kabel terestrial yang lengkap, meliputi wilayah belt and road—khususnya jaringan Transit Europe-Asia 2 (TEA-2), Transit Europe-Asia 3 (TEA-3), Europe-Russia-Mongolia-China (ERMC), serta Diverse Route for European and Asian Markets (DREAM). Seluruh jaringan ini memberikan akses kecepatan tinggi ke lebih dari 300 kota di 31 provinsi dan wilayah di daratan Tiongkok.

Pusat Data CMI di Inggris termasuk salah satu Cloud Connect PoPs yang memberikan akses terhadap penyedia jasa public cloud dan platform cloud exchange. Di samping itu, Pusat Data di Inggris juga membantu perusahaan yang ingin memakai solusi multi-cloud dan hybrid-cloud, serta menghubungkan jaringan mereka ke seluruh dunia. Dengan demikian, CMI menghadirkan integrasi cloud-network yang gesit dan profesional, serta menyajikan layanan manajemen terpadu.

"Pembukaan pusat data yang baru di Inggris mencerminkan komitmen CMI untuk mempromosikan koneksi berkecepatan tinggi yang aman dan handal di seluruh dunia. Kami terus mencermati besarnya permintaan pelanggan untuk konektivitas, solusi cloud, content delivery, tak hanya antara Asia Pasifik dan Eropa, namun juga Timur Tengah dan Afrika," kata Chairman & CEO, China Mobile International Ltd  Dr Li Feng.

Ditambahkannya, di era big data, pusat data berperan penting dalam memfasilitas pertukaran informasi. CMI menyediakan layanan terpadu yang profesional, mewujudkan berbagai peluang mudah sehingga perusahaan dapat memperluas bisnisnya. Pusat Data CMI di Inggris menjadi platform piawai yang memenuhi berbagai kebutuhan sektor keuangan, internet, serta industri digital lain, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Terletak di Slough Trading Estate, Pusat Data CMI di Inggris menampung lebih dari 1.600 rak server. Fasilitas ini juga memenuhi standar pusat data Uptime Institute Tier III TCDD, serta menawarkan 99,99% ketersediaan layanan dan daya listrik.

Paket Phoenix
Selain desain tiga cable lead-in serat optik yang handal, fasilitas tersebut didukung suplai listrik ganda yang berasal dari dua sub-stasiun listrik. Sistem listrik didukung 2N Transformers dan Uninterrupted Power Supply (UPS), dilengkapi baterai cadangan berdurasi 10 menit ketika kapasitasnya terisi penuh. Sistem pendinginan pada pusat data dilengkapi sejumlah unit pendingin free-cooling N+1 dan CRAC N+3 yang menggunakan air. Kedua jenis alat pendingin ini tersedia di setiap aula data, serta memiliki persediaan air yang didinginkan selama enam menit untuk pendinginan cadangan secara terus-menerus. Fasilitas tersebut memiliki konfigurasi generator diesel N+1 dengan kapasitas bahan bakar selama 24 jam untuk pemakaian penuh.

CMI bertekad menyediakan berbagai solusi terpadu dan jasa yang lengkap, termasuk berbagai layanan value added service, seperti penempatan tenaga profesional, layanan cross-connect dan remote hand support.

Didukung sistem kabel optik berskala global, jangkauan operasional, dan pusat data, CMI akan terus memperluas kehadirannya di seluruh dunia. Selain itu, CMI juga akan memaksimalkan sinergi pusat datanya demi mewujudkan konvergensi dan kegesitan secara efisien, menyajikan akses global untuk konektivitas bandwidth yang besar kepada pelanggan internasional.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan