Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Gubernur Anies tertibkan kabel optik, APJII minta koordinasi

09:42:51 | 01 Sep 2019
Gubernur Anies tertibkan kabel optik, APJII minta koordinasi
Petugas dari Bina Marga DKI Jakarta tengah menertibkan kabel optik di kawasan Cikini.(Foto: Akun Facebook Anies Baswedan)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Aksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menertibkan pemasangan kabel optik di kawasan Cikini dan Kemang Raya menuai keluhan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

"Kami keberatan atas insiden pemotongan kabel optik secara sepihak yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal itu tentu saja berdampak pada akses jaringan internet," ujar Ketua Umum APJII Jamalul Izza dalam keterangan (31/8).

Menurutnya, APJII memahami bahwa insiden ini terjadi disebabkan adanya proses revitalisasi perapihan area trotoar dan taman yang sedang dikerjakan oleh Pemprov DKI Jakarta di 81 ruas jalan. 

Namun yang disayangkan adalah tidak adanya koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan APJII yang menyebabkan pelanggan internet di kawasan Cikini dan Kemang Raya mengeluhkan akses yang terganggu.

APJII telah mengirimkan beberapa permohonan pertemuan terkait dengan berbagai hal namun sejauh ini belum mendapatkan response positif dari DKI. 

"Kami mendukung penuh revitalisasi agar terciptanya perapihan demi estetika dan keindahan kota. Namun seharusnya pihak Pemprov DKI bisa lebih aware terhadap kabel Fiber Optic (FO) yang digunakan untuk melayani Internet. APJII siap berkoordinasi dengan DKI untuk hal ini seperti yang kita lakukan dengan kota kota lainnya,” ujarnya.

Diungkapkannya, tidak adanya koordinasi antara Pemprov DKI Jakarta dan pihaknya, jelas merugikan konsumen dari para anggota APJII. Sebagai penyelenggara jasa internet (Internet Service Provider/ISP), anggota APJII menggunakan jaringan FO untuk menyediakan bandwitdh ke pelanggan. 

Telkom Marketing 2
"Infrastruktur kabel optik merupakan hal yang sangat penting untuk melayani Internet. Kami mohon permohonan pertemuan kami direspons positif agar APJII dan DKI bisa lebih berkoordinasi," jelasnya.

Sebelumnya, dalam akun Facebook Anies Baswedan pada 22 Agustus 2019 menginformasikan kegiatan penertiban kabel optik di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Angkasa Pura 2
"Gedung kantor pos Cikini yang sudah berdiri sejak zaman Belanda kini bisa kita kagumi kembali tanpa terhalang kabel. Pembersihan kabel udara ini adalah bagian dari upaya menghormati kembali ruas Cikini Raya sebagai koridor bersejarah," tulis akun tersebut.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma