Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Beredar, nama-nama pengganti Ririek di Telkomsel

04:41:00 | 27 May 2019
Beredar, nama-nama pengganti Ririek di Telkomsel
Ririek Adriansyah (depan) bersama jajaran direksi Telkomsel hasil RUPST 2017.(dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 menghasilkan jajaran pengurus baru bagi operator pelat merah itu.

Salah satunya adalah diangkatnya Direktur Utama (Dirut) Telkomsel Ririek Adriansyah menggantikan Alex J. Sinaga. (Baca: RUPST Telkom)

Promosinya Pria yang akrab disapa RA itu ke Telkom seperti meneruskan rekam jejak dari Alex yang sebelumnya juga menduduki posisi TSEL-1 (Dirut) sebelum menggantikan Arief Yahya yang diangkat menjadi Menteri Pariwisata pada 2014 silam.

Usai RUPST Telkom yang digelar Jumaat (24/5) sore, pertanyaan dari peserta rapat adalah, siapakah yang akan menggantikan posisi RA nantinya di Telkomsel?

Isu panas ini menjadi diskusi bagi peserta rapat sembari menunggu bedug untuk berbuka puasa terdengar.

Hal yang lumrah mengingat Telkomsel masih menjadi kontributor utama bagi pendapatan TelkomGrup.

Telkomsel di tahun 2018 membukukan pendapatan sebesar Rp89,3 triliun, EBITDA Rp47,4 triliun dan Laba Bersih Rp25,5 triliun.

Pengganti dari Ririek harus mampu melanjutkan kinerja positif di kuartal pertama 2019 yang sudah mulai ditoreh Telkomsel pasca tsunami registrasi prabayar berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga.

Telkomsel menunjukkan kinerja yang kian beranjak naik di kuartal pertama 2018 dengan pendapatan sebesar Rp22,18 triliun, EBITDA Rp12,14 triliun dan laba bersih Rp6,47 triliun.

Kabar yang berhasil dihimpun dari ruang RUPST Telkom pada Jumat (24/5) sore itu adalah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Telkomsel akan segera digelar guna menetapkan pengganti Ririek.

Pasalnya, tak mungkin Ririek rangkap jabatan memegang posisi nomor satu di Telkom dan Telkomsel, karena biasanya Dirut Telkom menjadi Komisaris Utama di Telkomsel. (Baca: Direksi Telkomsel)

Saat ini susunan direksi dari Telkomsel adalah:

President Director :  Ririek Adriansyah
Director of Sales :  Sukardi Silalahi
Director of Finance :  Heri Supriadi
Director of Human Capital Management :  Irfan Tachrir
Director of Network :  Bob Apriawan
Director of Planning & Transformation :  Edward Ying Siew Heng
Director of IT  :  Montgomery Hong
Director of Marketing :  Alistair Johnston
Dari susunan yang ada, Telkom sebagai pemegang saham mayoritas memiliki perwakilan lima direksi, sedangkan pemegang saham lainnya Singapore Telecommunications Ltd. (SingTel) menempatkan tiga perwakilan.

"Biasanya dalam amplop cokelat (dokumen) dari Kementrian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) yang dibacakan di RUPST Telkom itu jika ada pergantian di pucuk pimpinan, sudah ada nama untuk Telkomsel juga. Nah, nanti yang bagian (Nama Direksi) Telkomsel dibacakan di RUPSLB Telkomsel," ungkap sumber IndoTelko yang diajak berbincang usai RUPST Telkom pekan lalu.

Diprediksinya, pergantian di Telkomsel tak hanya untuk posisi Direktur Utama, tetapi akan ada penyegaran dari direksi yang ada termasuk perwakilan dari SingTel.

"Sepertinya sih disegarkan semua seperti yang Anda lihat di Telkom. Ini kan di Telkom banyak darah baru, Telkomsel sepertinya akan sama (penyegaran)," katanya.

Kandidat
Berdasarkan data-data yang IndoTelko dapatkan dari arena RUPST Telkom pekan lalu, sejumlah talenta berbakat (Great Talent) sudah banyak disebut-sebut menjadi kandidat untuk diumumkan sebagai TSEL-1 atau menempati posisi direksi.

IndoTelko mencoba mengurutkan para Great Talent tersebut berdasarkan abjad bagi Anda:

1. Abdus Somad Arief
Nama Pria yang akrab disapa ASA ini salah satu yang masuk dalam radar sebagai TSEL-1 untuk menggantikan Ririek.

ASA pernah menjadi Direktur Wholesale & International Service Telkom dan Direktur Network di Telkomsel.

Tour of Duty yang lumayan lengkap dari penggemar motor ini menjadikan namanya layak dipertimbangkan sebagai salah satu Great Talent yang akan memimpin Telkomsel.

2. David Bangun
Mantan Direktur Digital and Strategic Portofolio Telkom ini masuk menjadi salah satu kandidat untuk TSEL-1 yang layak dipertimbangkan.

Kabarnya Pria yang akrab disapa DB ini juga dipertimbangkan menjadi direksi di Telkomsel seandainya tak menjadi TSEL-1.

3. Dian Rachmawan
Mantan Direktur Enterprise dan Business Service Telkom ini salah satu kandidat kuat untuk TSEL-1.

Pengalamannya di bisnis consumer dan enterprise yang tak hanya pernah bermain di pasar domestik, tetapi juga luar negeri menjadikan Pria yang gemar berolahraga sepeda ini dianggap akan mampu membawa Telkomsel terus memiliki kinerja positif di masa mendatang.

Pria yang akrab disapa DR ini juga dipertimbangkan menjadi direksi di Telkomsel seandainya tak menjadi TSEL-1.  

4. Heri Supriadi
Pria yang sekarang menjadi Direktur Keuangan Telkomsel ini adalah salah satu kuda hitam untuk menjadi TSEL-1. 

5. Honesti Basyir
Pria yang akrab disapa HB ini sekarang menduduki posisi Direktur Utama Kimia Farma.

Sosok HB adalah salah satu alumni Great Talent dari Telkom dimana pernah menjadi Direktur Wholesale & International Service Telkom dan Direktur Keuangan Telkom di periode 2014-2017.

6. Muhammad Awaluddin
Pria berkumis ini sekarang menjadi Presiden Direktur Angkasa Pura II (AP 2).

MA panggilan akrabnya, adalah alumni Great Talent Telkom yang merupakan bagian dari The Dream Team dari Direksi bentukan Arief Yahya kala menjadi Dirut di Telkom.

Tour of Duty dari MA selama di TelkomGrup lumayan lengkap. Bisnis Consumer, Enterprise, hingga penggelaran jaringan pernah dirasakan oleh Doktor lulusan Universitas Padjajaran ini. Wajar saja nama MA salah satu yang nyaring namanya diperbincangkan untuk menjadi kandidat TSEL-1.

Telkom Marketing 2
7. Sukardi Silalahi
Pria ini sekarang menjadi Director of Sales di Telkomsel. Sebelumnya pernah menduduki posisi Director of Network, Telkomsel (2015-2017), dan Director of Consumer Service Telkom (2012-2014).

Sumber IndoTelko lainnya mengatakan, pemegang saham tak hanya melihat kemampuan dan leadership dari para kandidat, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah memiliki "Chemistry" dengan Ririek sebagai pemegang komando kapal induk TelkomGrup.

Angkasa Pura 2
"Dulu kan duetnya Arief Yahya-Alex J. Sinaga, terus lanjut Alex-Ririek. Sinergi dan Chemistry antara dua Great Talent telah terbukti menghasilkan simfoni kinerja yang positif sejak beberapa tahun lalu. Ini yang akan diteruskan nantinya. Kabarnya Senin (27/5), RA akan dipanggil sama Mersel (Merdeka Selatan/Kantor KBUMN) untuk bahas TSEL-1 ini," pungkasnya.(dn) 

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma