Telkom Marketing
Telkom Marketing
blanja 2019
telkomsel halo

Bakti ungkap Icon plus tertarik sewa Palapa Ring

06:01:08 | 01 Mar 2019
Bakti ungkap Icon plus tertarik sewa Palapa Ring
Direktur Utama BAKTI Anang Latif.(dok)
telkomsat
JAKARTA (IndoTelko) - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) mengungkapkan PT Indonesia Comnets Plus (Icon+) sebagai salah satu kandidat penyewa serius infrastruktur Palapa Ring untuk semua paket yang tersedia.

Proyek Palapa Ring sendiri terbagi atas tiga paket yaitu Barat, Tengah dan Timur.

"Dengan Icon+ kita sedang bicara untuk penyewaan semua paket. Mereka mau ambil kapasitas 1 Gbps untuk semua paket," ungkap Direktur Utama BAKTI Anang Latif belum lama ini.

Anang mengungkapkan, untuk pemain seperti Icon+ yang juga memiliki jaringan kabel optik, BAKTI tengah menawarkan pola kerjasama swap capacity agar bisa mendukung integrasi dari semua paket Palapa Ring.

"Kita kan ingin integrasikan semua paket itu. Kita punya kapasitas 12 core, ini kita coba terobosan kalau swap capacity bisa gak agar lebih cepat integrasi semua paket. Kalau tak bisa kita integrasikan sendiri," tukasnya. (Baca: Integrasi Paring)

Sebelumnya, Telkom dan Moratelindo masing-masing menyewa kapasitas Palapa Ring Barat untuk tiga proyek sebesar 10 Gbps. Penyewa kapasitas lainnya adalah Solnet (1 Gbps) dan Transhybrid untuk semua segmen project.

Telkom Marketing
Nilai sewa per bulan yang harus dikeluarkan Telkom dan Moratelindo untuk kapasitas 10 Gbps masing-masing Rp631,680 juta. Sedangkan Solnet per bulan harus mengeluarkan dana Rp78,960 juta. (Baca: Penyewa Palapa Ring Barat)

Sementara untuk Palapa Ring Tengah sedang dilakukan uji coba oleh Telkom dan Lintasarta serta diperkirakan pada April mendatang bisa dikomersialkan. (Baca: Paring timur)

Angkasa Pura 2
Untuk infrastruktur Palapa Ring timur akan dapat beroperasi pada Juli 2019 mendatang.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma