telkomsel halo

Huawei catat kenaikan pertumbuhan hingga 15,7 persen

05:22:00 | 03 Apr 2018
Huawei catat kenaikan pertumbuhan hingga 15,7 persen
Rotating CEO of Huawei, Ken Hu
JAKARTA (IndoTelko) – Dalam laporan tahunan yang dikeluarkan Huawei, perusahaan ini mencatatkan pertumbuhan bisnis yang solid selama tahun 2017 dengan total pendapatan tahunan 603,5 miliar yuan.  Angka ini setara dengan 92,5 miliar dolar AS, mengalami peningkatan hingga 15,7 persen dari tahun sebelumnya.

Kenaikan pertumbuhan tersebut diperkuat dengan meningkatnya laba bersih perusahaan sebesar 28,1 persen (yoy) menjadi 47,5 miliar yuan setara dengan 7,3 miliar dolar AS.

Bersamaan dengan naiknya keuntungan, Huawei juga meningkatkan investasi di bidang riset dan pengembangan yang mencapai angka 89,7 miliar yuan atau 13,8 miliar dolar, juga mengalami peningkatan sebesar 17,4 persen dibandingkan tahun 2016.   Sehingga total nilai investasi riset dan pengembangan Huawei selama satu dekade terakhir telah melampaui angka 394 miliar yuan atau 60,4 miliar dolar AS.

Dalam siaran persnya, Huawei Rotating Chairman, Ken Hu, mengatakan pihaknya  akan secara aktif menjajaki kolaborasi terbuka, mengundang dan mengembangkan talenta unggulan, serta meningkatkan upaya dalam riset. “Kami ingin lebih baik lagi dalam menjadikan semua sektor industri menjadi cerdas dan berbasis digital,” jelasnya.

“Kita sedang dalam perjalanan baru, yang memungkinkan kesempatan dan tantangan bergerak lebih cepat dari sebelumnya, sehingga inovasi tanpa henti adalah cara satu-satunya untuk tetap berada di depan,” tambah Hu.  Ditegaskannya, dalam 10 tahun ke depan Huawei berkomitmen untuk meningkatkan investasi dalam inovasi teknologi, dengan sedikitnya mengucurkan dana untuk riset sebesar 10 miliar dolar setiap tahunnya.

Lebih lanjut, Ken Hu menjelaskan bahwa memasuki tahun 2018, teknologi baru seperti Internet of Things, komputasi awan, kecerdasan buatan (AI), dan 5G akan mulai diterapkan.

Huawei berkomitmen akan berada di garis terdepan untuk inovasi teknologi dan transformasi bisnis. “Lebih penting lagi, kami akan menaruh perhatian khusus terhadap berbagai tantangan praktis yang dihadapi pelanggan kami dalam proses digitalisasi, tugas kami adalah membantu mereka dalam menghadapi tantangan dan mencapai sukses. Kami berkeinginan untuk menghadirkan digital kepada setiap manusia, rumah dan organisasi untuk dunia yang cerdas dan sepenuhnya terhubung,” katanya.

Dalam laporan keuangan juga tercatat, grup bisnis Carrier Huawei membukukan  pertumbuhan pendapatan sebesar 2,5 persen menjadi 297,8 miliar yuan atau 45,7 dolar AS, dengan fokus membantu operator di seluruh dunia dalam mengoptimalkan potensi aset jaringan yang telah ada serta memanfaatkan kesempatan baru di pasar video, IoT dan komputasi awan.

Sedangkan grup bisnis Enterprise Huawei mencatat pendapatan 54,9 miliar yuan  atau 8,4 miliar dolar AS, meningkat signifikan 35,1 persen dibanding tahun 2016.  Dan Grup bisnis Consumernya menorehkan pertumbuhan gemilang dengan catatan penjualan 153 juta ponsel pintar pada 2017.  Secara performa keuangan, grup Consumer Huawei mencatat pendapatan tahunan sebesar 237,2 miliar yuan  atau 36,4 miliar dolar, meningkat 31,9 persen dibanding tahun 2016. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year