telkomsel halo

eCommerce BUMN ini bawa UMKM naik kelas

06:31:47 | 23 May 2017
eCommerce BUMN ini bawa UMKM naik kelas
Digital PR Manager blanja.com Rieka Handayani kala mengisi diskusi di Parade “UMKM Kreatif Berbasis Digital” yang digelar BRI pada 19-21 Mei 2017 di Lapangan Parkir Stadion Gajayana Malang.(Foto:Blanja)
JAKARTA (IndoTelko) - Marketplace Blanja.com ikut berpartisipasi di ajang Parade “UMKM Kreatif Berbasis Digital” yang digelar BRI pada 19-21 Mei 2017 di Lapangan Parkir Stadion Gajayana Malang.

Kegiatan yang menggandeng 122 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di kawasan Jawa Timur bagian Selatan itu salah satu upaya dari BRI membawa pelaku usaha naik kelas di era ekonomi digital. (Baca: Parade UMKM BRI)

"Blanja.com sebagai eCommerce BUMN tak ketinggalan ikut serta di ajang ini. Kami memberikan pembekalan materi tentang eCommerce serta sesi coaching clinic pemasaran secara online dengan memanfaatkan Blanja.com," ungkap Digital PR Manager blanja.com Rieka Handayani, kemarin.

Dikatakannya, di ajang itu Blanja.com memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM betapa penting digitalisasi UMKM, dimana pengaruh penerapan teknologi digital pada pertumbuhan bisnis pada umumnya sudah tak terbantahkan. Belanja secara online juga memungkinkan bagi pembeli untuk membandingkan harga dan kualitas barang secara mudah di antara para penjual yang ada. Belum lagi toko online bisa dijangkau dari mana saja, orang dari berbagai daerah bahkan lintas negara bisa menjangkaunya.

“Selain berdasarkan prioritas, implementasi digital pada bisnis kita jangan pula terburu – buru, jangan dalam sesaat sekaligus meninggalkan offline-nya. Buatlah tahapan transisi, misalnya mayoritas pemasaran dan penjualan tetap offline, tetapi lengkapi dengan online, belajar, adaptasi, dan usahakan terus tingkatkan porsi online. Perlu penyesuaian pada produk agar bisa menjangkau golongan pembeli, adaptasi pola produksi, pola inventory, dan seterusnya. Dengan begitu ketika pesanan datang dan produk mulai laku kita tidak akan kelabakan memenuhi pembelian. Perlu diingat, bahwa dengan pemasaran digital, produk kita bisa dijangkau oleh pasar yang lebih luas,” ujar Rieka  menceritakan sesi diskusi kepada pelajar, mahasiswa dan pelaku UMKM Kota Malang bersamaan dengan JNE, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Malang serta pelaku UMKM Kota Malang dan owner CV Kajeye Food – So Kressh.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year