Infomedia gandeng Kata.ai kembangkan contact center digital

11:31:05 | 03 Mar 2017
Infomedia gandeng Kata.ai kembangkan contact center digital
Bona L.P. Parapat (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Infomedia Nusantara (Infomedia) bekerjasama dengan Kata.ai untuk mengembangkan contact center sesuai dengan tren digital.

“Kita memang sedang kerjasama dengan Kata.ai untuk kembangkan layanan contact center berbasis digital. Mereka ini hebat di analytics sehingga bagus untuk kembangkan inovasi Artificial intelligence (AI),” ungkap Presiden Direktur Infomedia, Bona L.P. Parapat kepada IndoTelko belum lama ini.

Diungkapkannya, sebenarnya Infomedia tengah mengembangkan inovasi AI untuk layanan pelanggan. Hal itu bisa dilihat di GraPARI terminal 3 Soekarno-Hatta dengan Avatar Assistant.

“Tetapi itu belum smart AI. Soalnya data yang dikoleksinya belum banyak. Tetapi ke depan kita maunya AI itu bisa tahu sampai suasana emosional dari pelanggan. Kalau sekarang Avatar itu baru jawab sesuai FAQ,” ulasnya.

Dikatakannya, mengadopsi inovasi AI dilakukan selain mengikuti tren digital juga untuk menekan biaya operasional dari tenaga manusia. “Kita mencoba shifting tenaga manusia dalam bentuk AI ini,” tutupnya.

Asal tahu saja, Kata.ai, adalah Conversational AI Platform  hasil pivot dari Yes Boss Group. Versi awal dari Kata.ai menawarkan dialogue engine dengan Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk mewujudkan persona brand mereka lewat chatbot yang dapat melakukan beragam aktivitas percakapan. (Baca: kata.ai)

Aktivitas tersebut meliputi pemasaran produk, transaksi jual beli, sampai dengan pengumpulan data perilaku konsumen melalui media sosial dan aplikasi messaging yang umum digunakan di Indonesia seperti LINE, Facebook, Twitter, BBM, Telegram, juga melalui SMS. (Baca: Bisnis Infomedia)

Langkah selanjutnya untuk Kata.ai adalah menyediakan teknologi tersebut dalam bentuk SaaS (Software as a Service) di tahun 2017. Sejumlah solusi dari Kata.ai diklaim bisa mengurangi 30% biaya penyelenggaraan contact center.(dn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories