Penerjemahan dengan AI tingkatkan efisiensi operasional bisnis

05:53:19 | 20 Feb 2024
Penerjemahan dengan AI tingkatkan efisiensi operasional bisnis
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - DeepL, perusahaan bahasa berbasis AI terkemuka, merilis hasil sirvei terbaru mereka yang menemukan bahwa penerjemahan dan lokalisasi dengan bantuan AI berpengaruh pada meningkatnya ROI (Return of Investment) bisnis hingga tiga kali lipat.

Peningkatan keuntungan tersebut tidak lepas dari fakta bahwa pelanggan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membeli suatu produk jika informasi tentang produk itu tersedia dalam bahasa asli mereka.

Konsumen saat ini lebih kritis dalam memilih suatu produk, misalnya dengan berusaha memahami kandungan dan proses pembuatan suatu produk, ataupun materi pemasaran lainnya. Penggunaan bahasa asli dalam materi pemasaran bisa membantu konsumen untuk memahami produk tersebut lebih baik.

Survei ini menunjukkan lebih dari sebagian tenaga pemasaran mengatakan bahwa konten pemasaran berbahasa lokal dapat meningkatkan customer engagement secara signifikan, di mana hal ini akan menjadi dasar untuk menciptakan kesetiaan konsumen pada brand. Oleh karena itulah, penerjemahan dan lokalisasi bahasa pemasaran menjadi proses yang cukup krusial dalam membangun engagement serta loyalitas konsumen.

Proses lokalisasi materi pemasaran biasanya membutuhkan kerja sama antara beberapa departemen dalam perusahaan, sehingga prosesnya jadi lebih panjang, terlebih lagi jika perusahaannya berskala besar. Hampir seluruh (98%) tenaga pemasaran yang menjadi responden di survei DeepL mengatakan bahwa mesin penerjemah berbasis AI telah menjadi perangkat penting bagi mereka untuk meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Selanjutnya, tantangan berikutnya adalah memastikan bahwa terjemahan tersebut bisa tetap akurat. Di sinilah pernah manusia tetap diperlukan untuk memanusiakan bahasa atau konten yang sudah diterjemahkan, sehingga bisa lebih mudah dipahami oleh konsumen. Fitur glosarium menjadi solusi yang kerap digunakan, di mana stilah dan nama produk tertentu yang berlaku untuk perusahaan maupun industri akan selalu diterjemahkan dengan istilah yang sama, sehingga menjamin komunikasi yang konsisten sekaligus meningkatkan kolaborasi dan menghemat waktu penyuntingan teks. Dengan memanfaatkan fitur ini, tim pemasaran bisa memangkas waktu lokalisasi dari rata 20,36 jam menjadi rata-rata 14,37 jam.

Dikatakan Founder dan CEO DeepL, Jarek Kutylowski, hasil survei menunjukkan peluang besar dalam penggunaan AI di antara para pimpinan tim pemasaran perusahaan.

"Semakin jelas terlihat bahwa keberhasilan bisnis berskala global sangat bergantung pada konten pemasaran yang relevan dengan konsumen lokal dan kesadaran para tim pemasaran akan besarnya potensi penggunaan penerjemahan berbasis AI untuk meningkatkan ROI mereka,” jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories