telkomsel halo

Balon Google diharapkan mengudara di 2016

13:15:57 | 12 Aug 2016
Balon Google diharapkan mengudara di 2016
Infografis Loon Project (Kominfo)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengharapkan Project Loon yang dihelat Google bisa dimulai uji cobanya pada tahun ini.

“Balon Google itu tetap saya harapkan bisa mengudara tahun ini. Itu bisa menjadi salah satu solusi untuk memangkas kesenjangan digital di Indonesia,” ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Diungkapkannya, proses uji coba agak molor dari rencana karena masalah perizinan. “Google sudah ketemu dengan Mabes TNI untuk bahas isu sekuriti. Terus ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk urus izin lalu lintas udara,” katanya.

Dijelaskannya, sebenarnya masalah perizinan dengan Kemenhub sudah mencapai titik temu pada Maret lalu. “Tetapi ini kan ada pergantian pejabat. Etikanya harus sowan lagi,” katanya.

Sebelumnya, pada Maret lalu Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menjelaskan dalam menggelar Project Loon operator seluler yang menjadi mitra Google akan mengajukan izin trial balon BTS berupa penggunaan frekuensi akses LTE 900 MHz dan frekuensi backhaul E-band 70-80  GHz.

Setelah itu ada proses perizinan sertifikasi perangkat, izin satelit, yang paling penting adalah izin terbang dari AirNav dan Kementerian Perhubungan.
Pada Maret lalu telah  disepakati 3 lokasi untuk masing-masing operator untuk trial balon BTS  yakni 1 lokasi, yaitu Balikpapan  (Telkomsel), Probolinggo dan Madura (XL) serta Gorontalo (Indosat). (Baca: Daerah uji coba Loon Project)

Sebelumnya, Google telah menerbangkan balon BTS di Selandia Baru, Brasil, dan Sri Lanka. (Baca: Ijin Loon Project)

Di Indonesia, jumlah balon yang akan diterbangkan lebih dari 100 buah. Balon-balon itu akan terbang pada ketinggian 30 ribu kaki (9.144 meter) dari permukaan bumi, tepatnya di lapisan stratosfer. (Baca: Loon Project di Indonesia)

Ditengah derasnya dukungan terhadap mengangkasannya balon Google, banyak juga pihak yang khawatir terutama terkait nasib proyek Palapa Ring dan kedaulatan negara dalam hal data pengguna.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year