telkomsel halo

MasterCard Persenjatai Kartu dengan Sensor Sidik Jari

10:54:23 | 23 Okt 2014
MasterCard Persenjatai Kartu dengan Sensor Sidik Jari
Ilustrasi (Dok)
LONDON (IndoTelko)  – MasterCard dan Zwipe mengumumkan kemitraan untuk meluncurkan kartu pembayaran biometrik contactless terintegrasi dengan sensor sidik jari pertama di dunia.

Peluncuran kartu ini dilakukan setelah suksesnya percobaan secara online (live pilot) dengan Bank asal Norwegia Norway’s Sparebanken DIN, bagian dari Eika Group, sebagai jawaban atas tantangan yang sangat kompleks dalam menyediakan solusi pembayaran yang cepat, nyaman dan tanpa kompromi dalam aspek keamanan.

Kartu Zwipe MasterCard adalah kartu pembayaran biometrik contactless terintegrasi dengan sensor sidik jari pertama di dunia. Kartu ini memiliki sensor biometrik terintegrasi dan dilengkapi dengan teknologi Zwipe secure biometric authentication yang menyimpan data biometric dari pemegang kartu. Kartu ini juga sudah sesuai dengan sertifikasi pengamanan EMV dan aplikasi MasterCard contactless.

Kartu ini akan menjadi satu-satunya kartu yang mengkombinasikan pengamanan biometrik dengan kecepatan dan kenyamanan dari sistem pembayaran contactless.

Data sensor sidik jari pemegang kartu secara aman akan disimpan di dalam kartu dan tidak berada di database eksternal. Setelah aktivasi dengan pemindaian sederhana terhadap sidik jari, kartu Zwipe MasterCard bisa langsung digunakan.

Sistem pengamanan biometrik menggantikan kewajiban untuk memasukkan PIN, hal tersebut otomatis membuat pemegang kartu dapat melakukan pembayaran dengan jumlah yang tidak terbatas, tidak seperti kartu-kartu lain yang tersedia di pasar.

Zwipe kini bekerja untuk menciptakan kartu generasi selanjutnya yang akan memiliki format yang sama dengan kartu standar dan didesain untuk dapat digunakan dengan semua terminal pembayaran dan dapat mulai digunakan di tahun 2015. Kartu baru ini akan menyimpan energi dari terminal pembayaran sehingga tidak membutuhkan baterai.

President of Enterprise Security Solutions, MasterCard Ajay Bhalla menjelaskan, sistem biometrik memungkinkan  pengidentifikasian tanpa menggunakan kata sandi atau nomor PIN. “Tantangan selanjutnya adalah menyediakan hal ini diikuti dengan sistem keamanan yang kuat. Percobaan pertama dengan Zwipe ini adalah peristiwa penting dan hasilnya sangat menjanjikan,” katanya dalam keterangan tertulis, kemarin.

Business Development Director, Sparebanken DIN Morten Danielsen menambahkan perseroan akan  menawarkan sistem otorisasi biometrik dan contactless pada semua kartu  karena hal ini memberikan kombinasi dari kenyamanan dan keamanan untuk seluruh pelanggan dan partner bisnis.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year