Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Rakuten Siapkan US$ 100 juta untuk Startup

11:50:16 | 01 Jul 2014
Rakuten Siapkan US$ 100 juta untuk Startup
Ilustrasi (Dok)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Rakuten kembali menyiapkan dana sekitar US$ 100 juta untuk mendukung bisnis startup yang berada di Israel, Amerika Serikat, dan kawasan Asia Pasifik.

Dilansir TechCrunch (30/6), pendanaan ini akan berpusat di Singapura dan dijakankan oleh rekanan dari Rakuten Ventures, Saemin Ahn.

“Tujuan dari pendanaan ini membantu startup yang memiliki potensial teknologi dan ekosistem serta masa depan keuangan yang baik,” katanya.  

Sejauh ini belum diumumkan nama-nama startup yang akan diberikan pendanaan, tetapi dalam aksi korproasi ini terbuka peluang berlanjut kepada akuisisi.
Berbeda dengan aksi pendanaan beberapa waktu lalu, kali ini uang tak fokus digelontorkan hanya pada startup yang memiliki platform mobile.

Selama dua tahun belakangan ini aksi investasi dan akuisisi dari Rakuten menjadikan perseroan sebagai salah satu raksasa e-commerce di pasar global.
Rakuten mengakuisisi Viber, platform e-reading Kobo, layanan video streaming Viki, dan layanan streaming dari Spanyo,l Wuaki.tv. Rakuten juga salah satu investor yang menyuntikan dana ke Pinterest pada Mei 2012.

Beberapa waktu lalu Rakuten menyiapkan pendanaan sekitar US$ 10 juta yang digelontorkan ke  pemain mobile commerce seperti Carousell,  pemain e-payments (CodaPayments), dan konten digital Visenze.  

Paket Semangat Kemerdekaan
Di Indonesia, Rakuten berhasil menjadi salah satu marketplace terbesar setelah mencapai petumbuhan tiga digit sejak diluncurkannya Juni 2011.

Pertumbuhan Rakuten Belanja Online didorong oleh meningkatnya daya tarik dalam mobile commerce di kalangan pelanggan Indonesia, ikatan kuat dengan sektor UKM yang didukung oleh program SME Outreach dan membaiknya akses online untuk para merchant, sebagai keberhasilan implementasi platform e-commerce Rakuten Merchant Server Global (RMS-G)

Peluncuran Rakuten Merchant Server Global (RMS-G) Juni 2013 membantu meningkatkan trafik organik situs sebesar 323,3% YoY dari Mei 2013 ke 2014. Platform baru ini memungkinkan merchant untuk meningkatkan kualitas situs web dan terhubungkan dengan pelanggan mereka serta menawarkan pengalaman unik kepada pebelanja online yang disebut Discovery Shopping.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan