telkomsel halo

Pembayaran dengan Mobile Contactless Capai 300 juta Pengguna

11:53:34 | 09 Jun 2014
Pembayaran dengan Mobile Contactless Capai 300 juta Pengguna
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Lembaga riset Juniper memperkirakan pengguna dari pembayaran melalui ponsel (mobile contactless) pada 2017 secara global bisa menembus 300 juta pengguna, melesat dari 110 juta pada 2013.

Dilansir Cellular-News kemarin, di lapangan ditemukan adopsi solusi ini tumbuh cepat karena banyak pemain menawarkan pembayaran dengan contactless card.

Aksi ini diiringi dengan naiknya terminal contactless Point of Sale (POS) yang didukung vendor  VeriFone dan Ingenico. Kedua vendor ini menjadi standar dari perangkat Near Field Communications (NFC).

Namun, guna mendorong adopsi ini menjadi lebih cepat dibutuhkan edukasi ke pengguna dan retailer. Diperkirakan jika Apple merealisasikan niatnya untuk meluncurkan iWallet bisa mencipatakan  "halo effect" bagi solusi ini.

Kondisi Indonesia
Pada kesempatan lain,  Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga menyakini adopsi dari mobile contactless payment menunggu waktu untuk booming.

“Ini kan bagian dari virtual banking, memang  harus ditempuh setahap demi setahap. Di setiap implementasi sesuatu, selalu ada usaha untuk mengedukasi dan mencoba. Lihat reload pulsa dengan voucher fisik, tidak  sampai 1% sekarang, sudah hilang semua, semua sudah elektronik. Lima tahun yang lalu masih ada 10%,” katanya.

Menurutnya, untuk memasyarakatkan less cash society, harus ada dulu kesepakatan di semua pelaku usaha yang terlibat model bisnis yang diadopsi. “Idealnya bank dan Telco itu berpartner seperti di Filipina,” katanya.(id)

Tertarik mengikuti diskusi tentang pembayaran digital di Indonesia?

Ikuti Diskusi triwulanan dari IndoTelko Forum dengan Tema ”Collaborative & Incentives: a New Breakthrough for e-Money” yang akan diselenggarakan pada  11 Juni 2014, Mawar Room II, Balai Kartini Jakarta, mulai dari jam 09.00 – 12.00.

Diskusi kali ini menghadirkan Welcome Speech dari Penasihat IndoTelko Forum yang juga Direktur Utama Telkomsel Alex Janangkih Sinaga dan keynote speech dari Direktur Eksekutif Kebijakan dan Pengawasan Bank Indonesia, Rosmaya Hadi yang disampaikan, Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Pembayaran Bank Indonesia Yura A Djalins.

Adapun para pembicara lainnya adalah  Senior EVP Transactional Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, Principal Doku Budi Syahbudin, Director & Chief Digital Services XL Axiata Dian Siswarini, dan, Vice President Payment & Banking Telkomsel Raden Andi Kartiko Utomo.

Pendaftaran melalui email surat@mediabisnistelematika.co.id atau indotelko@gmail.com dengan menginformasikan nama, jabatan, serta institusi. Sedangkan bagi anggota IndoTelko Forum cukup sertakan nomor kartu di email.

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year