telkomsel halo

Alcatel-Lucent Gelar Tautan Optik Kecepatan 400 Gbps

20:20:17 | 08 Feb 2013
Alcatel-Lucent Gelar Tautan Optik Kecepatan 400 Gbps
Ilustrasi (DOK)
PARIS (indotelko) – Alcatel-Lucent bersama  Orange Telecom, dari  Perancis menggelar tautan optik secara langsung  pertama di dunia yang berkecepatan 400 Gigabit per detik (Gbps) per-panjang-gelombang pada sebuah jaringan.

Aksi ini menyusul suksesnya uji coba lapangan tautan optik 400 Gbps per-panjang-gelombang yang sekarang telah beroperasi antara Paris dan Lyon. Tautan yang digelar di lingkungan operasional Orange Telecom  ini, menggambarkan terobosan penting di teknologi jaringan terrestrial jarak jauh.

Dengan kapasitas empat kali lebih tinggi daripada bandwidth maksimum yang ada saat ini dan menggunakan 44 panjang gelombang, tautan optik baru ini dapat mengirimkan total trafik hingga 17.6 Terabit per detik.

Dalam rilisnya, Alcatel-Lucent menyatakan  upgrade pada infrastruktur jaringan memberikan pengalaman yang lebih mulus lagi kepada para   pelanggan bisnis dan akan terus mendorong munculnya layanan-layanan baru, seperti video (video on demand, telepresence), yang membutuhkan bandwidth tinggi dan koneksi tanpa hambatan.

Presiden Networks & Platform  Alcatel-Lucent Philippe Keryer   mengatakan solusi optik 400 Gbps milik  perseroan  telah tersedia secara komersil.

Produk  ini diciptakan berdasarkan Photonic Service Engine 400 Gbps yang dapat mendukung hadirnya layanan-layanan bandwith yang tinggi, dengan kinerja jasa bisnis dan residensial yang tinggi  seperti layanan konten multimedia on-demand, jejaring sosial dan cloud.    

Sebelumnya, anak usaha SK Telecom dari Korea Selatan, SK Broadband, juga  menunjuk Alcatel-Lucent untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan akan data bandwidth yang tinggi.

Jaringan transportasi SK Broadband berbasis MSPP (Multi Service Provisioning Platform) telah dirancang terutama untuk menyampaikan trafik warisan TDM (Time Division Multiplexing). Dengan menggunakan solusi PTN (Packet Transport Network)
Alcatel-Lucent, SK Broadband akan dapat menciptakan sebuah jaringan baru untuk menyampaikan trafik data yang terus meningkat.
SK Broadband akan menggelar Transport Servicer Switch 1850 Alcatel-Lucent yang dikelola oleh OMS (Optical Management Suit) 1850.
 
SK Telecom sendiri menggelar solusi PTN Alcatel-Lucent, yang sekarang berfungsi sebagai jantung dari jaringan Long Term Evolution-nya.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year