telkomsel halo

Starlink bisa dukung komunikasi nelayan selama melaut

06:58:05 | 19 Sep 2023
Starlink bisa dukung komunikasi nelayan selama melaut
Suasana Bincang Bahari di KKP
JAKARTA (IndoTelko) - Layanan internet berbasis satelit Starlink dinilai sesuai untuk mendukung transforamsi digital pada sistem perikanan tangkap Indonesia. Layanan milik Space X itu salah satunya bermanfaat untuk memudahkan komunikasi nelayan di laut.

Di Indonesia, satu-satunya perusahaan penyedia layanan internet yang berkolabrasi dengan Space X adalah Telkomsat. Anak Usaha Telkom Indonesia itu menjadikan Starlink sebagai backhaul dengan kapasitas hingga 250 Gbps.

"Kami siap menjadi enabler untuk seluruh program transformasi digital di bidang perikanan tangkap," ungkap CEO Telkomsat Lukman Hakim Abd. Rauf saat menjadi narasumber dalam talkshow Bincang Bahari KKP di Jakarta, Senin (18/9).

Starlink yang termasuk pada kategori teknologi satelit low earth orbit (LEO) ini mampu memberikan layanan dengan latensi rendah dan throughput tinggi hingga 500 Mbps dan portable (+/- 5kg). Dengan demikian, layanan ini bisa menjadi solusi untuk kondisi keterbatasan jaringan komunikasi di laut.

Lukman Rauf menambahkan, untuk komunikasi yang lebih stabil di laut sebaiknya memang menggunakan layanan berbasis satelit. Hal ini yang dilakukan oleh Telkomsat dengan menggandeng Space X dalam melayani sektor maritim di Indonesia. "Dengan layanan ini kita bisa deliver layanan yang lebih stabil di perairan," bebernya.

Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto menjelaskan KKP memang tengah meningkatkan layanan digital untuk mendukung tranformasi perikanan tangkap di Indonesia.

Salah satu yang sudah dimanfaatkan masyarakat nelayan saat ini adalah aplikasi E-PIT. Penggunaan aplikasi berbasis Android ini untuk mendukung pelaksanaan PNBP Pasca-Produksi dan kebijakan penangkapan ikan terukur yang mulai dilaksanakan tahun depan.

Kinerja aplikasi tersebut diakuinya belum optimal karena berdasarkan hasil survei KKP bersama Litbang Kompas, terdapat beberapa kendala yang dihadapi nelayan atau pelaku usaha perikanan saat menggunakan aplikasi tersebut. Kendala yang dihadapi seperti persoalan sinyal, error, freeze, hingga forced closed.

"Memang untuk optimalisasi E-PIT masalah utamanya itu sinyal. Itu tidak bisa ditampik, tapi itu bisa diperbaiki. Produk V-STAR dari Telkomsat yang didukung backhaul Starlink bisa menjadi alternatif solusi untuk keterbatasan sinyal di laut," ujarnya.

Sementara itu, Plt Dirjen Perikanan Tangkap Agus Suherman juga mengakui keterbatasan sinyal menjadi ke kendala penggunaan aplikasi E-PIT. Menurutnya perbaikan akan terus dilakukan, termasuk dari sisi desain dan fitur-fitur yang disajikan.

"E-PIT itu aplikasi yang membantu kita dalam pendataan, penyelesaian administrasi perizinan. Ternyata setelah berkembang bisa menjadi bagian dari sistem pemantauan pengawasan perikanan, yang memang amanah dari PP 11/2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur," ungkapnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year