telkomsel halo

Pasar smartphone Indonesia terus turun

06:49:49 | 11 Sep 2023
Pasar smartphone Indonesia terus turun
JAKARTA (IndoTelko) — Pasar smartphone di Indonesia terus menunjukkan penurunan selama delapan kuartal berturut-turut hingga kuartal kedua 2023. International Data Corporation (IDC) mencatat jika dilihat secara per kuartal terjadi pertumbuhan 13,8%.

Langkah pabrikan untuk menggenjot pertumbuhan di segmen entry level membuat terjadinya penurunan year-over-year (YoY) menjadi satu digit karena sebagian besar pemain utama meningkatkan pengiriman mereka di sektor ini. Hasilnya, pangsa pasar smartphone 4G kembali naik menjadi 86% dari 82% pada kuartal sebelumnya dan smartphone 5G turun sebesar 4,3% YoY untuk pertama kalinya sejak kemunculannya pada tahun 2020.

Smartphone dengan harga lebih tinggi di segmen diatas US$600 tumbuh 71% YoY, karena Samsung dan Apple bertarung sengit di segmen tersebut.

“Adopsi ponsel 5G berjalan lambat karena adanya tantangan baik dari sisi permintaan maupun pasokan. Pangsa smartphone 5G masih sangat kecil dibandingkan smartphone 4G. Meskipun harganya lebih terjangkau, sementara smartphone 4G sering kali memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dengan harga yang serupa. Karena konektivitas 5G masih terbatas pada wilayah tertentu saja, fitur 5G belum cukup memberikan daya tarik bagi calon konsumen baru,” kata Associate Market Analyst di IDC Indonesia Vanessa Aurelia.

“Tingkat penetrasi smartphone 5G yang rendah menyebabkan perusahaan telekomunikasi tetap berhati-hati dalam investasi 5G mereka, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya dan tingkat pengembalian secara keseluruhan,” tambahnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year