telkomsel halo

Bitcoin tengah tunggu hasil FOMC

04:30:00 | 03 May 2023
Bitcoin tengah tunggu hasil FOMC
JAKARTA (IndoTelko) - Setelah melesat di bulan Maret, Bitcoin (BTC) berhasil kembali menutup bulan April dengan positif di tengah krisis perbankan dan ketidakpastian makroekonomi. Data dari Coinglass menunjukkan BTC naik sebesar 2,81% di bulan April. Selain itu, Ethereum (ETH) juga ditutup naik sekitar 4,00%, didorong oleh peningkatan Ethereum Shanghai yang direspon positif.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha, menjelaskan harga BTC di bulan April beberapa kali telah gagal menembus area resistancenya yang berada di US$31.000. Adanya aksi profit taking setelah BTC tembus level tertinggi sejak Juni 2022 membuat pergerakan BTC di minggu pertama Mei berpotensi terbatas.

BTC bergerak melemah 1,69% di kisaran US$28.065 dan ETH turun tipis 0.56% di kisaran US$1.835 pada Selasa (2/5) pagi pukul 08.00 WIB. Investor masih menanti potensi kenaikan suku bunga The Fed dalam pertemuan FOMC yang akan berlangsung pada 2-3 Mei 2023. Investor juga menunggu serangkaian data makro seperti data tingkat pengangguran Amerika Serikat (AS) dan Non Farm Payroll (NFP) yang akan dirilis pada Jumat (5/5).

Data CME Group Fedwatch menunjukkan 93,2% dari responden memprediksi kenaikan suku bunga 25 bps, sedangkan 6,8% memperkirakan tidak ada kenaikan suku bunga untuk pertemuan bulan Mei.

“Pasar aset kripto akan bereaksi terhadap hasil keputusan The Fed. Jika The Fed menaikkan suku bunga 25 bps maka akan memberikan reaksi positif terhadap Dollar AS dan bereaksi negatif terhadap pasar aset kripto. Sebaliknya, jika The Fed tidak menaikkan suku bunga, kemungkinan besar pasar kripto akan bereaksi positif,” kata Panji.

Untuk itu, Panji Yudha menyarankan agar investor aset kripto dapat mempertimbangkan strategi buy the dip. “Turunnya harga BTC dari tingkat tertinggi ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk investor mengakumulasikan jumlah BTC dan menambah jumlah aset yang mereka miliki,” kata Panji.

Dalam menerapkan strategi buy the dip, investor dapat membeli secara bertahap ketika harga BTC dan ETH sedang turun dikarenakan harga aset tersebut sudah mulai stabil dan menunjukkan pemulihan. Untuk mengelola manajemen risiko dalam trading aset kripto yang memiliki volatilitas tinggi maka Panji menyarankan untuk menggunakan fitur Stop Loss dan Take Profit dalam Ajaib Kripto.

Setelah itu, investor harus membuat trading plan dan menetapkan proyeksi keuntungan dengan berbasis analisis teknikal dan mengikuti perkembangan isu makro. Gunakan fitur Take Profit dalam aplikasi Ajaib Kripto sesuai proyeksi keuntungan yang telah ditetapkan dalam trading plan.

“Aksi buy the dip dengan membeli saat harga telah jauh di bawah rata-rata aset kripto yang telah kita miliki. Setelah nilai aset kripto yang berhasil naik lagi akan menjadi momen tepat bagi investor untuk menjualnya kembali sebagai langkah mengelola manajemen risiko di dalam trading aset kripto,” kata Panji Yudha.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year