telkomsel halo

Begini tren penggunaan Paylater jelang lebaran

06:02:00 | 14 Apr 2023
Begini tren penggunaan Paylater jelang lebaran
JAKARTA (IndoTelko) - Tak hanya menjadi momentum untuk beribadah, Ramadan juga menjadi tradisi bagi masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan baik untuk diri sendiri maupun untuk berbagi dengan sanak saudara. Biasanya, tren berbelanja Ramadan pun akan terus meningkat jelang Lebaran.

Kredivo, sebagai platform kredit digital juga mencatatkan peningkatan penggunaan Paylater selama Ramadan tahun ini. Peningkatan penggunaan Paylater oleh masyarakat tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline yang telah terintegrasi dengan Kredivo. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan total nilai transaksi Kredivo sebanyak 14% selama dua minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan dua minggu sebelum Ramadan. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran 2023.

"Tahun ini menjadi tahun pertama Ramadan tanpa PPKM setelah 3 tahun. Sehingga kami optimis bahwa tren belanja masyarakat selama Ramadan tahun ini akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk mengakomodir hal ini, kami terus memperluas jaringan dan layanan kredit digital kami yang saat ini telah dapat digunakan di ribuan merchant online dan offline di berbagai kota di Indonesia serta menghadirkan promo SALEturahmi untuk masyarakat yang mulai bersilaturahmi tanpa batas," kata VP, Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari.

Selama Ramadan 2022 lalu, nilai transaksi Paylater Kredivo tercatat mengalami kenaikan hingga 55%, sedangkan jumlah transaksi meningkat 31% dibandingkan Ramadan 2021. Hal tersebut menandakan sinyal positif daya beli masyarakat yang terus membaik di masa transisi menuju endemi. Oleh karena itu, guna mengakomodasi tren permintaan konsumen selama Ramadan-Lebaran 2023 ini, promo SALEturahmi dari Kredivo menawarkan beragam diskon hingga Rp 500 ribu, cicilan 0% serta bebas 1 bulan cicilan di lima kategori produk favorit masyarakat yaitu travel, groceries & food, home & living, fashion & beauty, serta gadget & electronics di ribuan merchant offline dan online Kredivo.

Lantas, bagaimana tren belanja masyarakat dalam penggunaan Paylater Kredivo di Ramadan tahun 2023? Berikut beberapa data menariknya:

Di Ramadan tahun ini, masyarakat gemar belanja produk untuk mempercantik rumah

Kategori produk home & living sebagai kategori produk dengan transaksi tertinggi selama dua minggu Ramadan 2023, dengan kenaikan nilai transaksi mencapai 21% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023. Hal ini menandakan bahwa tren mempercantik rumah kerap dilakukan masyarakat selama Ramadan, dengan tren peningkatan transaksi di kategori produk home & living yang cenderung semakin naik jelang Lebaran.

Jelang Lebaran, transaksi gadget & electronics cenderung terus alami kenaikan

Tren transaksi di kategori gadget & electronics diprediksi terus meningkat pada dua sampai satu minggu menjelang Lebaran yang mulai terlihat dari beberapa tahun terakhir. Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat seiring dengan hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid, serta Tunjangan Hari Raya yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Lebaran. Di dua minggu Ramadan 2023 ini, tren peningkatan transaksi tersebut juga semakin terlihat dengan jumlah transaksi kategori gadget & electronics yang meningkat hingga 14% dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

Kategori travel meningkat di minggu 1 dan 2 Ramadan
Seiring dengan antusiasme masyarakat yang kembali diperbolehkan untuk melakukan mudik tahun ini, masyarakat sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan perjalanannya dengan membeli tiket dan akomodasi untuk mudik. Hal ini terlihat dari lonjakan transaksi di kategori travel yang tercatat hingga minggu kedua Ramadan ini, telah terjadi kenaikan nilai transaksi sebesar 12% pada produk kategori travel jika dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan.

"Tingginya kebutuhan masyarakat akan metode pembayaran alternatif seperti Paylater yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat tren penggunaan Paylater turut mengalami kenaikan selama periode Ramadan dan menjelang Lebaran. Masyarakat dapat membeli segala kebutuhan Ramadan atau Lebaran sekarang dan bayar nanti dengan bunga terendah dengan tenor sampai 12 bulan. Fleksibilitas yang ditawarkan ini membantu masyarakat untuk mengatur cash flow-nya. Kami optimis bahwa hadirnya Paylater dapat terus menjaga daya beli masyarakat dan menyukseskan momentum pemulihan ekonomi nasional, diantaranya melalui momentum Ramadan dan Lebaran 2023 ini," tutup Indina.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year