telkomsel halo

Ayoconnect luncurkan Ayoconnect Solution Stack

06:37:50 | 16 Mar 2023
Ayoconnect luncurkan Ayoconnect Solution Stack
JAKARTA (IndoTelko) Platform Open Finance API terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya pelaku open finance berlisensi di Indonesia yang telah mendapatkan kategori izin 1 Penyedia Jasa Pembayaran Bank Indonesia, Ayoconnect meluncurkan Ayoconnect Solution Stack.

API Stack ini dirancang khusus agar bisnis dari berbagai sektor dapat mempercepat pengembangan infrastruktur digitalnya dan menyediakan layanan keuangan yang inovatif bagi pelanggan akhir.

Ayoconnect Solution Stack oleh Ayoconnect terdiri dari dua kategori API (Application Programming Interface), yaitu Open Banking API dan Payment Services API. Open Banking API menawarkan Banking-as-a-Service seperti pembukaan rekening baru dan penerbitan kartu virtual dengan kemampuan transaksi lintas negara.

Sementara, di lain sisi, Payment Services API menawarkan ragam solusi pembayaran seperti manajemen berlangganan, produk digital (PPOB), debit langsung berulang, embedded lifestyle, dan fast disbursementyang dimungkinkan oleh infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional milik Bank Indonesia, BI-Fast.

Contoh dari pengembangan Open Banking API adalah kerja sama strategis antara Ayoconnect dan Mastercard pada Januari lalu. Mastercard dalam hal ini berkolaborasi melalui konektivitas Ayoconnect ke Open BankingAPI dari bank-bank terbesar di Indonesia yang memberikan kemampuan biller untuk menghilangkan berbagai kendala pembayaran yang mungkin kembali terjadi, mengurangi kegagalan selama checkout, serta memastikan penagihan tepat waktu dengan menawarkan metode pembayaran yang lebih baik kepada konsumen mereka.

API Payment Services Ayoconnet juga berkontribusi dalam peluncuran Fitur Sukha di aplikasi Livin’ by Mandiri superapp pada pertengahan 2022 silam. Melalui 1.000+ penyedia layanan dan lebih dari 200+ platform konsumen di jaringan API Payment Services, Ayoconnect membantu penyediaan fitur pembelian tiket kereta api KAI dan pembelian berbagai voucher games di Fitur Sukha.

Dikutip dari laporan tahunan 2022 PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. fitur Sukha mengalami 4x pertumbuhan nilai transaksi sejak diluncurkan pada May 2022. Platform ini juga sukses menjual lebih dari 20.000 tiket event, seperti MotoGP di Mandalika, Jogja Marathon, dan Westlife Wild Dreams.

CEO dan Founder Ayoconnect Jakob Rost meyakini tahun 2023 kita akan melihat terobosan pada adopsi pelanggan untuk solusi direct debit, data API, penyedia layanan pembayaran, dan transfer antar rekening. “Regulasi yang mendukung dari regulator dan pemerintah terkait juga sangat kita apresiasi karena ini berperan besar dalam percepatan inovasi di ekosistem open finance,” katanya.

Ayoconnect baru-baru ini juga memperkenalkan solusi kartu virtual yang memungkinkan bisnis dari berbagai sektor dan skala memiliki kartu virtual mereka sendiri. Kartu virtual ini dapat digunakan oleh pengguna akhir, karyawan internal, dan/atau basis pelanggan mereka. Pemegang kartu virtual dapat menyelesaikan pembelian dan transaksi online secara real time di mana saja, termasuk di luar negeri. Informasi mengenai implementasi kartu virtual oleh klien akan dipublikasikan dalam waktu dekat.

Ditambahkan Jakob, solusi pembayaran alternatif Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Sebagai contoh, belakangan ini Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami peningkatan popularitas, mengingat 80-90% dari 64,2 juta UMKM Indonesia kehilangan pendapatan selama pandemi dan masih membutuhkan bentuk pembiayaan alternatif. “Ayoconnect berkomitmen untuk membangun infrastruktur digital yang dibutuhkan oleh seluruh ekosistem agar mampu memberikan layanan keuangan yang komprehensif kepada masyarakat sesuai regulasi yang berlaku,” tegasnya.

Ayoconnect akan terus berkolaborasi dengan institusi finansial dan non-finansial untuk menambah kemampuan Ayoconnect Solution Stack di Open Banking API dan Payment Services API. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year