telkomsel halo

Online gamer banyak di Indonesia

12:53:00 | 06 Mar 2023
Online gamer banyak di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - Riset Samsung bersama ONE Esports mengungkapkan bahwa sebagian besar konsumen yang suka berbelanja online juga menjadi pemain gim elektronik secara langsung (online gamer).

Hasil riset menemukan, tujuh dari 10 konsumen online di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, merupakan online gamer.

Survei dilakukan kepada 6.800 konsumen berusia 18-49 tahun di tujuh negara, yakni Indonesia, Australia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam pada kuartal IV-2022. Para gamer tersebut menunjukkan kecintaan yang tinggi terhadap gaming, baik di rumah maupun saat sedang di luar rumah (mobile).

Banyak faktor yang menyebabkan orang suka memainkan gim online. Selain karena ketersediaan perangkat yang makin canggih serta didukung oleh ketersediaan jaringan internet, bermain gim online dlakukan untuk menekuni hobi dan melepas penat di tengah aktivitas keseharian yang padat.

"Saat ini, bermain game lebih dari sekadar hobi. Ini adalah pengisi waktu luang yang menyatukan orang-orang," kata Regional Head of Mobile Experience Business Samsung Electronics Asia Tenggara dan Oseania Carl Nordenberg.

Berdasarkan riset, aktivitas bermain gim dilakukan untuk menghilangkan stres dan bersantai disebutkan sebagai alasan utama, yaitu mencapai sebesar 74%. Mereka rata-rata menghabiskan waktu tujug jam dalam seminggu untuk bermain gim.

Sebagian besar (92%) responden mengaku lebih suka bermain gim dengan nyaman di rumah. Lebih dari separuh (58%) menghabiskan rata-rata uang US$ 30 per bulan untuk pembelian terkait gim, mulai dari konten gim online eksklusif, tiket turnamen e-sports, langganan streamer, skin, dan koleksi merchandise gim.

Studi juga mengidentifikasi empat kepribadian gamer yang berbeda di kalangan penggemar gim, yaitu hardcore gamer, gaming enthusiast, casual gamer & spectator, serta casual gamer. Ini diklasifikasikan berdasarkan total waktu yang mereka habiskan untuk bermain dan menonton konten gim atau e-sports.

Hasilnya, lebih dari separuh gamer Indonesia yang disurvei (54%) menjalani hobi bermain gim setidaknya beberapa kali dalam seminggu, yang terdiri atas hardcore gamer dan gaming enthusiast.

Gaming enthusiast dan hardcore gamer disebut sangat menekuni hobinya. Aktivitas yang paling sering mereka lakukan, termasuk menonton video seputar gaming, mendiskusikan gim dengan orang lain, membaca update dan berita seputar gim, membelanjakan uang untuk benda terkait gim, dan terakhir, mengikuti persona gaming di media sosial.

"Wilayah Asia Tenggara dan Oseania memiliki komunitas gamer yang sangat besar. Penelitian ini menyoroti kebutuhan dan kebiasaan bermain gim mereka yang unik, baik sebagai pemain maupun penggemar e-sports," ungkap Carl.

Vice President Analytics & Insights ONE Esports Jane Guo menambahkan, studi tersebut juga berhasul mengungkap pasar besar penggemar gim dan fans hardcore e-sports di wilayah Asia Tenggara dan Oseania.

"Rata-rata para gamer menggunakan perangkat yang memiliki performa yang bagus, baik itu smartphone, laptop, headphone, maupun monitor," tutur Jane.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year