telkomsel halo

Di ajang MWC, Kominfo dukung inisiatif kolaborasi Metaverse Indonesia

06:36:00 | 04 Mar 2023
Di ajang MWC, Kominfo dukung inisiatif kolaborasi Metaverse Indonesia
BARCELONA (IndoTelko) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung Indonesia Metaverse Collaboration Initiative dan Metaverse Research & Experience Center (MREC) di Kawasan Kampus Universitas Telkom Bandung, Jawa Barat.

Saat peluncuran MREC dalam rangkaian acara Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol, Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Denny Setiawan menyatakan hal itu akan menjadi bagian penting dalam percepatan transformasi digital nasional.

"Kami sangat mendukung inisiasi ini, karena akan mempercepat dan memperkaya portofolio dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia," katanya.

Peluncuran MREC merupakan langkah maju yang signifikan bagi ekonomi digital Indonesia, seiring dengan upaya negara untuk memanfaatkan peluang ketertarikan global yang terus meningkat terhadap teknologi metaverse. "Hal Ini memungkinkan tidak hanya di Telkom University tetapi juga untuk berkontribusi pada pengembangan metaverse dan menjadi yang terdepan dalam inovasi dunia digital di Indonesia," harapnya.

Sementara, Rektor Universitas Telkom Adiwijaya mengatakan, dengan adanya pusat penelitian baru ini, Indonesia berada di posisi yang tepat untuk menjadi pemeran utama dalam pengembangan metaverse untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan industri yang sedang berkembang.

"Inisiatif terobosan ini tidak hanya bermanfaat bagi universitas tetapi juga masyarakat luas. Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra kami di bidang akademisi, industri, dan pemerintah untuk membangun ekosistem metaverse yang lebih dinamis dan inklusif di Indonesia," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol, Muhammad Najib mengapresiasi inisiatif itu dan mengharapkan bisa meningkatkan nilai investasi di Indonesia.

"Inisiasi ini sejalan dengan visi Nasional Presiden Jokowi untuk mendorong ekonomi digital sebagai pilar penting untuk membantu Indonesia mencapai 10 ekonomi global teratas pada tahun 2030. Kami senang dapat memfasilitasi rencana investasi di Indonesia pada bidang metaverse," katanya.

MREC sendiri merupaka sebuah public-private partnership yang bertujuan untuk mempromosikan kolaborasi, penelitian, inovasi, dan pengembangan di bidang teknologi metaverse. Metaverse Research and Experience Center (MREC) berada di jantung kawasan Kampus Universitas Telkom. Fasilitas itu akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan, kolaborasi industri, dan capacity building di bidang teknologi metaverse.

MREC menyediakan fasilitas dan peralatan untuk mendukung kolaborasi dan jejaring di antara para akademisi, peneliti, penyedia layanan konektivitas, aliansi industri, dan pembuat kebijakan. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year