telkomsel halo

Telkom resmikan neuCentrIX Pontianak

15:44:00 | 08 Feb 2023
Telkom resmikan neuCentrIX Pontianak
PONTIANAK (IndoTelko) - PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) kembali meluncurkan Data center regional (Edge) nya di Kalimantan. Kali ini Pontianak menjadi kota keempat di Pulau Kalimantan yang ketempatan data center untuk lebih dekat kepada pengguna-penggunanya.

Ini salah satu bentuk komitmen Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi berbagai aspek di seluruh Indonesia melalui penyediaan infrastruktur, platform dan layanan digital terbaik.

NeuCentrIX Pontianak diresmikan langsung oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, disaksikan Executive Vice President Telkom Regional VI Fera Pebrayenti.

NeuCentrIX Pontianak dibangun dengan kapasitas 57 rak dan menjadi bagian dari ekosistem data center nasional yang tersebar menjadi 7 klaster. Data center ini terhubung secara seamless dengan jaringan neuCentrIX Banjarmasin, Balikpapan, dan Sepaku serta data center TelkomGroup di seluruh Indonesia.

Usai peresmian data center tersebut, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono mengatakan, setelah di Pontianak, kita akan buka kali di Banjarmasin. Kita akan buka seperti ini. “Nantinya di Kalimantan akan ada Data Center IKN, Banjarmasin, Samarinda, dan Pontianak. Ada 5 data center,” katanya.

“Fokus Telkom tidak hanya berbisnis data center, namun lebih kepada membangun ekosistem data. Telkom mengembangkan ekosistem digital dimana semua aspek di dalamnya harus tumbuh. Telkom menyatukan seluruh data center menjadi empat layer dengan fasilitas berstandar internasional, sesuai dengan spesifikasi data center global, dan didukung berbagai macam alternatif konektivitas yang ada dengan harapan dapat mendukung terciptanya kemandirian digital Indonesia," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si. menyampaikan apresiasi dan testimoninya atas dukungan layanan Telkom untuk mewujudkan digitalisasi kampus. “Untan diharapkan dapat memiliki ekosistem digital yang kuat dan kami membutuhkan partner strategis yang akan membantu merwujudkannya. Kami sangat terbantu dengan adanya dukungan dari Telkom. Semoga ke depannya dukungan Telkom akan mempercepat ekosistem digital Untan,” ujarnya.

neuCentrIX Pontianak terhubung dengan infrastruktur telekomunikasi TelkomGroup lainnya seperti kabel serat optik Jaka2Ladema (Jawa-Kalimantan-Sulawesi-Denpasar-Makasar) yang menuju gerbang komunikasi Batam, IGG (Indonesia Global Gateway), dan gerbang komunikasi Manado.

Kehadiran neuCentrIX Pontianak akan mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan dan pelaku bisnis termasuk edge computing, platform dan layanan digital lainnya baik untuk wholesale (Internet Service Provide) maupun enterprise, pemerintah, UMKM dan perguruan tinggi.

Dijelaskan Bogi, kapasita data center si Pontianak ini sebesar 150 kilowatt. Menurut Bogi, hadirnya data center di pontianak akan meminimkan biaya konektifitas yang besar. “Sudah tidak perlu lagi ke Singapura dulu atau Jakarta. Sehingga saat pengguna nonton Youtube, tidak perlu lagi ada jam pasir,” katanya dihadapan puluhan wartawan. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year