telkomsel halo

Lewat monetisasi SociaBuzz, konten kreator raup 50 miliar

08:43:00 | 11 Jan 2023
Lewat monetisasi SociaBuzz, konten kreator raup 50 miliar
JAKARTA (IndoTelko) - Masyarakat Indonesia semakin meminatin profesi sebagai konten kreator. Hal ini karena kemajuan teknologi digital yang mempermudah pembuatan konten di media sosial. Laporan riset ‘We Are Social’ pada Januari 2021 menunjukkan bahwa 61,8% dari penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial, sebuah angka yang diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya.

Baru-baru ini diumumkan penghasilan konten kreator di platform SociaBuzz mencapai Rp. 50 miliar pada tahun 2022, tercatat sebagai rekor tertinggi dalam sejarah perusahaan.

Menurut laporan SignalFire, lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia berprofesi sebagai kreator. Pasar global kreator bernilai sekitar US$100 miliar. SociaBuzz sebagai platform monetisasi bagi konten kreator untuk menghasilkan uang dengan cara menjual karya digital kepada audiens mereka, serta mendapatkan dukungan atau tipping dari para penggemar.

Industri ini di Tanah Air didorong oleh pertumbuhan populasi muda yang menyumbang 53,81% dari jumlah penduduk. Generasi muda ini memiliki kecenderungan yang tinggi untuk membuat konten dan diperkirakan akan menciptakan lapangan kerja baru di ekonomi kreator, dengan estimasi dari puncak bonus demografi Indonesia pada tahun 2030.

CEO dan Co-Founder SociaBuzz, Rade Tampubolon menyatakan, perusahaannya akan terus mendukung kreativitas anak bangsa dan mempermudah mereka untuk menghasilkan uang dari karya dan passion mereka. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year