telkomsel halo

Omnichannel Chat Qiscus kini dukung 20 saluran

09:00:00 | 10 Jun 2022
Omnichannel Chat Qiscus kini dukung 20 saluran
JAKARTA (IndoTelko) -- Qiscus, perusahaan teknologi penyedia Omnichannel Chat untuk bisnis kini dapat terintegrasi pada 20 saluran. Dengan kemampuannya untuk di integrasikan dengan berbagai saluran, Omnichannel Chat Qiscus diharapkan dapat membantu bisnis untuk memaksimalkan proses bisnisnya, terutama dalam hal pelayanan konsumen.

Pada tahun 2022, strategi Omnichannel menjadi semakin populer dengan adanya pergeseran perilaku konsumen. Adapun, omnichannel merupakan strategi penjualan melalui berbagai saluran komunikasi online, media sosial, maupun toko fisik. Omnichannel pun telah menjadi strategi yang populer dimana pelanggan yang menggunakannya lebih sering berbelanja dan menghabiskan 34% lebih banyak dibandingkan pembeli yang datang pada toko.

Tren penggunaan Omnichannel tentu juga dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang turut bergeser setiap harinya. Pasalnya sebuah studi dari McKinsey menyebutkan bahwa 30-40% responden kini menggunakan saluran yang berbeda pada setiap situasi pembelian yang berbeda-beda. Lebih jauh lagi, sebanyak 80 persen responden memiliki perilaku konsumen yang baru, dan setengahnya telah menggunakan saluran baru dalam berbelanja.

Beberapa perubahan perilaku konsumen yang lazim diantaranya melonjaknya keinginan untuk berinteraksi secara real-time dan terpersonalisasi. Tentunya pergeseran ekspektasi tersebut turut memicu peningkatan popularitas omnichannel, yang dapat memberikan implementasi nyata guna mewujudkan interaksi yang real-time dan personal.

Melihat perkembangan ini, Qiscus berupaya untuk mengakomodir kebutuhan integrasi berbagai saluran bagi pelaku bisnis melalui solusi Omnichannel Chat nya — sebuah platform untuk mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dan media sosial. Terbukanya integrasi terhadap berbagai saluran baru diharapkan dapat membantu bisnis dalam memenuhi ekspektasi konsumen dari berbagai channel yang berbeda.

Hingga kini setidaknya terdapat lebih dari 20 saluran baru yang dapat diintegrasikan ke dalam dashboard omnichannel Qiscus, beberapa diantaranya yakni Tokopedia Chat, Google Play, Instagram Comment, SMS, hingga Email. Tak hanya itu, dengan diluncurkannya WhatsApp Cloud API beberapa waktu lalu oleh Meta, Omnichannel Chat Qiscus  kini juga mendukung integrasi dengan WhatsApp Cloud API serta dapat memaksimalkan fitur-fiturnya. Saluran-saluran diatas ditujukan untuk memenuhi dan menjadi tambahan atas berbagai saluran-saluran yang selama ini dapat di integrasikan dengan Omnichannel Chat, khususnya WhatsApp Business API, Facebook Messenger, Instagram Direct Message, dan berbagai saluran komunikasi lain yang telah tersedia sebelumnya.

Semakin maraknya penjualan melalui e-commerce dan media sosial menjadi alasan mengapa Tokopedia Chat dan Instagram Comment juga menjadi saluran yang ditambahkan Qiscus pada Omnichannel chat garapannya. Di sisi lain, bagi beberapa industri tertentu, selain WhatsApp dan saluran komunikasi lainnya, Email dan SMS menjadi platform komunikasi yang lazim digunakan, sehingga turut dirasa penting oleh Qiscus untuk menambahkannya pada Omnichannel Chat.

CTO Qiscus, Evan Purnama mengatakan “Qiscus berupaya untuk membantu bisnis pada setiap tahapan customer journey. Maka dari itu, Omnichannel Chat Qiscus akan terus berupaya mendukung dan menghadirkan saluran yang akan membantu proses bisnis menjadi lebih maksimal. Saluran yang menjadi fokus utama bagi bisnis menjadi berbeda dengan masing-masing industri dan kepentingan bisnis. Dengan menambahkan berbagai saluran untuk dapat di integrasikan, harapannya Qiscus dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan bisnis dalam tahapan-tahapan customer journey yang ada. Mulai dari lead generation, engagement, conversion, support, service, dan marketing.”

Dengan ditambahkannya berbagai saluran ini pada Omnichannel Chat Qiscus, dapat dipastikan bahwa saluran tersebut juga mampu untuk diintegrasikan dengan berbagai sistem pendukung, seperti Chatbot, CRM, Ticketing, dan sebagainya. Kini pesan masuk dari E-commerce, saluran komunikasi, maupun media sosial dapat dipantau dan dikelola dalam satu aplikasi dengan mudah. Tak hanya itu, fitur-fitur Omnichannel Chat seperti alokasi agen otomatis dapat dengan mudah mengerahkan setiap pesan pelanggan di berbagai platform menuju agen yang tepat.

Kedepannya, Qiscus akan terus berupaya untuk memberikan dukungan pada berbagai fitur dan saluran yang akan memaksimalkan Omnichannel Chat dan solusi-solusinya. Hal ini ditujukan agar pada akhirnya Qiscus dapat membentuk ekosistem digital yang menyeluruh dalam mendorong pertumbuhan bisnis. (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year