Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

AWS mulai rambah e-health, bantu distribusi produk kesehatan Enseval

08:30:00 | 18 Mar 2022
AWS mulai rambah e-health, bantu distribusi produk kesehatan Enseval
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- Amazon Web Services (AWS), perusahaan Amazon.com, mengumumkan bahwa Enseval, anak perusahaan Kalbe Group yang merupakan penyedia produk farmasi, kesehatan, dan nutrisi terbesar di Asia Tenggara telah mengembangkan Electronic Mobile Order System (EMOS) miliknya menggunakan teknologi AWS. EMOS adalah platform distribusi digital khusus produk-produk kesehatan. Unit bisnis Enseval, PT Emos Global Digital, menjalankan mayoritas infastruktur teknologi informasi (TI) EMOS di cloud terkemuka dunia tersebut.

EMOS memampukan usaha yang bergerak di bidang kesehatan seperti apotek dan rumah sakit untuk memesan berbagai produk melalui sebuah marketplace digital. Dalam marketplace ini, terdapat sistem pengelolaan pemesanan, platform pemasaran yang terintegrasi, sistem pembayaran nontunai, dan program loyalitas digital. Ketersediaan fungsi-fungsi ini makin memudahkan penyedia layanan kesehatan untuk memesan berbagai produk yang dibutuhkan.

Karena produk kesehatan menjadi kian mudah untuk dijangkau, kehadiran EMOS mampu meningkatkan akses kesehatan bagi jutaan penduduk Indonesia dan menyelamatkan banyak jiwa. Kapabilitas AWS yang komprehensif, termasuk dalam ranah komputasi dan database, disematkan pada EMOS. Hasilnya, PT Emos Global Digital dapat menyederhanakan proses operasional, menyediakan infrastruktur dalam hitungan menit alih-alih hari, dan memangkas biaya infrastruktur dibandingkan on-premises.

Seiring bertumbuhnya jumlah pelanggan yang membeli produk secara daring menggunakan gawai, ekspektasi akan pengalaman digital yang mudah dan menyenangkan meningkat pula. Enseval berusaha untuk menjawab tuntutan ini dengan cara menghadirkan layanan digital yang semakin cepat dan andal. Misalnya, PT Emos Global Digital menskalakan beban kerja EMOS secara otomatis dengan solusi Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) agar mampu melayani permintaan yang meningkat drastis di waktu-waktu puncak seperti akhir bulan atau saat dilakukan promosi. Amazon EC2 sendiri adalah layanan berbasis web yang menawarkan komputasi yang aman dan scalable menggunakan cloud. PT Emos Global Digital pun mampu mengurangi durasi transaksi di aplikasi EMOS dari hitungan menit ke hitungan detik, sehingga tahap pemesanan menjadi jauh lebih cepat dan nyaman bagi pelanggan.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Dan, dengan Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) yang memudahkan pengoperasian relational database di cloud, PT Emos Global Digital dapat memotong waktu yang diperlukan untuk pengelolaan database. Perusahaan dapat menggunakan tambahan waktu luang ini untuk mengembangkan layanan, fitur, dan aplikasi baru dengan cepat, yang tentunya akan berdampak positif terhadap pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

“Kami dapat mengembangkan layanan-layanan digital baru di AWS dengan kecepatan tinggi. Produk kesehatan menjadi lebih mudah diakses, sehingga akses kesehatan masyarakat pun semakin baik,” ujar Timotius Samanuli, Direktur EMOS. “Dengan menjalankan platform distribusi EMOS kami di cloud terkemuka dunia, kami dapat menikmati manfaat kelincahan dan skalabilitas yang memampukan kami untuk meningkatkan ketersediaan produk-produk kesehatan, serta memajukan kesehatan masyarakat. Terlebih, dengan AWS, kami juga dapat menyediakan pengalaman transaksi yang lebih cepat dan mulus bagi pelanggan kami.”

Bakti
“Enseval menggandeng AWS untuk melaksanakan visinya, yakni menjadi distributor layanan kesehatan nomor satu di Indonesia,” Gunawan Susanto, Country Manager at AWS Indonesia mengatakan. “Berkat kapabilitas AWS, platform EMOS milik Enseval dapat berinovasi dan menskalakan layanan ecommerce-nya ketika dibutuhkan. Hasilnya, produk kesehatan tiba lebih cepat, dan pelayanan pelanggan juga terus ditingkatkan.” (sar)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year