telkomsel halo

JD.ID tambah gerai O2O

11:58:33 | 05 Apr 2021
JD.ID tambah gerai O2O
JAKARTA (IndoTelko) - Genap lima tahun JD.ID hadir menemani para konsumen di Indonesia. Mengemban misi utama-nya “Make Joy Happen”, JD.ID berkomitmen untuk menghadirkan kebahagiaan (joy) bagi para pelanggan.

Berbagai usaha untuk meraih misi utama ini pun ditempuh oleh JD.ID, salah satunya adalah dengan secara konsisten menyediakan layanan sekaligus pengalaman berbelanja yang handal, bebas repot, dan juga aman.

Serangkaian inovasi juga secara berkelanjutan dilakukan oleh perusahaan afiliasi dari JD.com ini guna menambah keutamaan dari brand-nya, seperti mengembangkan serangkaian penawaran-penawaran unik dengan mengkombinasikan pengalaman O2O (online to offline), yang menggabungkan dua saluran bisnis yang berbeda (online & offline) menjadi satu, sehingga melengkapi satu sama lain.

Pada pertengahan tahun 2018 lalu, JD.ID secara resmi membuka gerai offline pertama-nya di Indonesia. Gerai ‘experience’ ini berlokasi di PIK Avenue, Jakarta Utara dengan nama JD.ID X. JD.ID X merupakan gerai produk serba ada yang berbasiskan teknologi AI (artificial intelligence) pertama di Indonesia, dengan fitur pemindai wajah, radio-frequency identification (RFID), dan metode pembayaran non-tunai.

Terobosan ini kemudian diikuti dengan pembukaan gerai  O2O (online to offline) bernama JD HUB, gerai ini menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan kombinasi pengalaman belanja online dan offline, yang terletak di bilangan Gandaria, Jakarta Selatan.

Hingga Selasa, 30 Maret 2021 lalu, JD.ID secara resmi buka gerai O2O (online to offline) berikut-nya bernama Wellio by JD.ID, di pusat perbelanjaan Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat. Citywalk Sudirman dipilih karena letak-nya yang strategis di salah satu pusat aktivitas bisnis (CBD) di Jakarta, yang diyakini dapat menjadi lokasi yang “pas” bagi para konsumen untuk eksplor, berbelanja, dan mendapatkan inspirasi (explore, shop, and get inspired).

Wellio by JD.ID adalah gerai retail multi category yang menjual berbagai kategori produk, mulai dari elektronik rumah tangga, gadget, hingga berbagai produk pelengkap gaya hidup (lifestyle). Berbeda dengan dua gerai terdahulu, Wellio by JD.ID hadir dengan konsep interior toko yang lebih kekinian  dan “homey”. Yang mana dengan mengusung konsep ini, JD.ID berharap agar para pelanggan setia, atau yang dikenal sebagai Sahabat JD, dapat berbelanja produk JD.ID dengan nyaman dan mudah, selayak-nya belanja online dari kediaman lokasi masing-masing.

Selain itu, tak ketinggalan, Wellio by JD.ID juga menawarkan berbagai promo spesial bagi para pelanggan-nya, yang tentu tak kalah menarik dengan promo pada platform digital JD.ID, menjadikan gerai O2O ini sebagai pilihan pusat belanja produk yang “ramah di kantong” pelanggan.

Dengan dibuka Wellio by JD.ID, JD.ID juga bermaksud untuk memperkenalkan kembali fitur terbaru-nya ‘Nearby Shop’. Diluncurkan pada bulan November 2020 lalu, fitur ‘Nearby Shop’ pada platform aplikasi JD.ID bertujuan untuk menghadirkan presensi online dari gerai-gerai offline, sehingga para pelanggan dapat dengan mudah belanja produk kebutuhan, dimanapun mereka berada, dengan durasi kirim yang lebih singkat (karena produk pesanan dikirim dari gerai yang terdekat dari lokasi pelanggan).

Lebih lanjut, selain memberikan layanan pengiriman yang instan, tiap gerai yang terdaftar dalam fitur ‘Nearby Shop’ seperti hal-nya Wellio by JD.ID, juga dapat menawarkan konsumen pilihan untuk melakukan ‘Self Pick-Up’, atau melakukan pengambilan produk pesanan secara mandiri di gerai terdekat. Dengan fitur ini, berbagai keunggulan JD.ID, seperti jaminan keaslian produk (#DijaminOri), pengiriman paket pesanan yang reliabel dan cepat, keragaman variasi dan jenis produk, hingga berbagai penawaran spesial, mulai dari potongan harga hingga voucher belanja, dapat dinikmati secara berimbang, baik di tiap-tiap gerai offline, maupun platform digital JD.ID.

“Saat kita bergerak maju menuju era kenormalan baru yang sarat akan perubahan, adalah tugas kami untuk menyambut perubahan-perubahan itu dengan tangan terbuka serta membantu transisi tren belanja para pelanggan kami, itulah dasar kami untuk membuka Wellio by JD.ID. Di JD.ID kami selalu menekankan bahwa kapabilitas online dan offline harus saling dukung dan melengkapi, karena kami percaya bahwa kombinasi dua ekosistem ini dapat menciptakan solusi yang saling menguntungkan dan memudahkan bagi para konsumen di Indonesia, terutama dalam pemenuhan kebutuhan mereka. Karena kami melihat bahwa di tengah situasi pandemi, tren belanja konsumen tengah bergeser, yang mana pemilihan dan pengambilan keputusan akan pembelian produk didasarkan penuh pada upaya pemuasan kebutuhan pribadi,” kata Head of Offline Business JD.ID Eyvette Tung.

Tahun ini dan kedepan-nya, JD.ID berkomitmen untuk membangun lebih banyak lagi fasilitas belanja yang omnichannel, demi kemudahan dan kenyamanan para pelanggan. Sehingga para Sahabat JD semakin memiliki kebebasan untuk memilih cara berbelanja yang mereka inginkan, baik memilih untuk membeli produk secara online di JD.ID kemudian mengambil-nya di gerai offline, ataupun mencari & memilih produk dari gerai offline terdekat kemudian mengirimkan-nya ke alamat rumah, dan sebagai-nya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year