telkomsel halo

Cloudera sediakan CDP operational database

07:03:53 | 10 Mar 2021
Cloudera sediakan CDP operational database
JAKARTA (IndoTelko) – Perusahaan enterprise data cloud, Cloudera, kemarin (9/3) mengumumkan ketersediaan Cloudera Data Platform (CDP) Operational Database pada Amazon Web Services (AWS) dan Microsoft Azure.

CDP Operational Database adalah database operasional cloud-native dan fully managed, dengan skalabilitas, performa, dan keandalan yang tiada banding. CDP Operational Database ini sudah dioptimalkan dan bisa digunakan di platform cloud apa saja. CDP Operational Database ini akan sejalan dengan strategi infrastruktur cloud yang paling sesuai bagi bisnis. 

Survey dari Gartner yang dilakukan pada pengguna public cloud mengungkapkan bahwa 81% responden menggunakan dua atau lebih provider untuk mencegah agar tidak terikat pada satu vendor (vendor lock-in). Selain itu, IDC memprediksi bahwa tahun 2021 akan menjadi tahun multi-cloud di mana lebih dari 90% perusahaan di seluruh dunia saat ini akan menggunakan kombinasi private cloud di on-premise atau dedicated, lebih dari satu public cloud, dan platform lama (legacy) untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur mereka.

Database ini memungkinkan perancang aplikasi menghasilkan prototipe dalam waktu kurang dari satu jam di cloud pilihan mereka, dengan kekuatan melakukan skala hingga ke petabyte data. Pengembang aplikasi dapat menciptaan aplikasi yang sangat penting dengan cepat sebab CDP Operational Database melakukan auto-scales, auto-heals dan auto-tunes berdasarkan kebutuhan-kebutuhan workload.

Menurut Director of Development Epsilon, Briglal Kattamaparambil, CDP Operational Database memungkinkan pihaknya memindahkan salah satu dataset utama ke database baru di AWS dalam waktu yang sangat cepat

 “Kami tak perlu lagi mengkhawatirkan soal perencanaan infrastruktur sebab ia sudah self-managed sepenuhnya dan kami memiliki fleksibilitas dalam memilih platform cloud yang sangat cocok untuk bisnis kami,” katanya.

Sementara, Chief Product Officer Cloudera Arun Murthy mengatakan, Multi-cloud adalah masa depan dan adanya kebutuhan global untuk menjalankan bisnis secara remote telah mengakselerasi perubahan ini.

“Dengan CDP Operational Database, perusahaan-perusahaan tak perlu lagi melakukan pengorbanan terkait database. Perusahaan dapat menjalankannya di infrastruktur cloud apapun sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen yang begitu cepat, dengan tetap mempertahankan fleksibilitas,” tambahnya. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year