telkomsel halo

Lokalisasi konten game, kunci pertumbuhan industri digital

04:57:00 | 04 Mar 2021
Lokalisasi konten game, kunci pertumbuhan industri digital
JAKARTA (IndoTelko) - Platform lokalisasi konten digital global SHAREit menyebutkan, upaya lokalisasi konten game merupakan salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan industri digital Indonesia seiring dengan peningkatan industri gim seluler di Indonesia yang akan meningkat di tahun 2021.

Data Statista Digital Market Outlook 2020 pasar gim seluler di Indonesia pada tahun 2020 mencapai nilai 1,29 miliar dolar AS (sekira 18,11 triliun rupiah) dengan proyeksi peningkatan menjadi 1,49 miliar dolar AS pada 2021 (20,57 triliun rupiah) dan akan terus tumbuh menjadi 2,15 miliar dolar AS (30,17 triliun rupiah) pada 2025.

Dikatakan Partner dan Global VP SHAREit Karam Malhotra, setiap perusahaan pengembang game online dituntut untuk menyesuaikan game berdasarkan wilayah guna menjangkau audiens yang lebih besar. Hal ini diperlukan untuk menjangkau konsumen yang belum fasih berbahasa Inggris dan memainkan game tanpa melewatkan pengalaman bermain gim yang menyeluruh.

Ditambahkannya, pandemi telah mengakselerasi pertumbuhan industri gim seluler akibat banyak orang yang harus menghabiskan waktunya di rumah selama periode pembatasan sosial. Tren ini diprediksi akan berlanjut hingga tahun tahun 2021, meskipun lonjakan pengguna gim seluler tidak lebih besar dari tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan aktivitas kebanyakan orang yang mulai berjalan normal dan proses vaksinasi bertahap di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Menurut Karam, dengan lokalisasi konten gim, industri ini akan tumbuh semakin pesat. SHAREit telah mengadopsi cara ini dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya yang tersebar di banyak negara. Hal itu dilakukan melalui modifikasi konten berdasarkan referensi budaya, sejarah, dan regional.

Inovasi dan perkembangan teknologi yang diusung SHAREit itulah yang membuat aplikasi tersebut tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Di tengah ketatnya persaingan pasar aplikasi selama pandemi SHAREit mempertahankan posisinya sebagai Top 10 Aplikasi terpopuler di Indonesia berdasarkan Laporan State of Mobile 2021 yang dirilis App Annie beberapa waktu lalu.

Pada awalnya di kenal sebagai aplikasi mentransfer file berukuran besar dengan cepat dan mudah, SHAREit kini bertransformasi menjadi platform distribusi konten digital, guna memenuhi kebutuhan pasar yang masif dan melayani populasi yang haus data.

SHAREit memiliki lebih dari 1,8 miliar orang pengguna di seluruh dunia dan lebih dari 500 juta jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) yang tersebar di 200 negara, SHAREit memiliki visi untuk menghadirkan kesetaraan akses terhadap konten digital di seluruh dunia. Menawarkan katalog permainan terbesar di dunia dengan lebih dari 2.000 game selular, pengguna didukung dengan akses tak terbatas terhadap permainan berbasis HTML5, serta pilihan untuk mengunduh permainan populer. Selain itu, terdapat berbagai pilihan untuk pemain kasual, sosial, midcore, hardcore , bahkan untuk pemain profesional.

Dijelaskan Karam, pandemi yang menyebabkan dunia dalam ketidakpastian, game bergenre fantasi dan kasual menjadi semakin populer. Kehadiran permainan dalam platform SHAREit melengkapi pilihan masyarakat untuk menikmati ragam permainan dalam genggaman tangan mereka.

“Industri game selalu berubah karena teknologi baru dan lebih maju tersedia untuk pengembang dan gamer. Namun dalam industri yang tumbuh dengan cepat, memasarkan hal nostalgia menciptakan peluang tersendiri bagi para pengembang yang terbukti dengan hadirnya game klasik reboot yang dicintai konsumen,” tambahnya. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year