telkomsel halo

Ericsson optimasi jaringan XL dengan Cognitive Software

07:35:55 | 16 Feb 2021
Ericsson optimasi jaringan XL dengan Cognitive Software
JAKARTA (IndoTelko) - Ericsson dan XL Axiata mengumumkan kemitraan dalam penyediaan Layanan Optimasi Jaringan (Network Optimization Service) di seluruh daerah terpadat di Indonesia, antara lain Jakarta dan sekitarnya (JABODETABEK) dan Jawa Tengah.

Layanan ini memanfaatkan Ericsson Cognitive Software berbasis kecerdasan buatan (AI), yang merupakan keahlian khusus Ericsson.

Ericsson Cognitive Software adalah platform big data multi-vendor dan multi-teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) dengan skalabilitas dan kinerja yang unggul. Platform ini digunakan untuk meningkatkan pengalaman jaringan yang diikuti oleh rasionalisasi OPEX (biaya operasional), peningkatan loyalitas pelanggan, dan peningkatan EBITDA (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi). Platform ini diatur dengan modul berbeda, yang bekerja secara mulus di seluruh siklus jaringan (network lifecycle), dari perencanaan, rancangan, penyetelan, hingga optimasi.

“Untuk mewujudkan visi kami dalam membangun jaringan yang paling hemat biaya untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik, kami perlu menanamkan analitik dan machine learning (ML) dalam alat perencanaan, perancangan dan optimasi. XL Axiata telah memulai Zero Touch Operations sejak 2020 dan kami yakin melalui kerjasama dengan Ericsson dapat mendukung ambisi kami,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa.

Ericsson Optimization Service meliputi penggunaan Cognitive Planning untuk secara akurat memprediksi kebutuhan ekspansi, Cognitive Tuning untuk meniadakan kebutuhan drive test sekaligus memberikan wawasan unik yang menangkap pelanggan di mana saja, rekomendasi dengan tingkat akurasi tinggi, termasuk wawasan kompetitif dari data crowdsourced pelanggan dan Cognitive Optimization, untuk mendiagnosis secara mendalam, mendeteksi secara proaktif, dan menyelesaikan masalah kinerja. Kemampuan ini secara bersama-sama menjamin perluasan kapasitas secara proaktif dan kualitas jaringan unggul sebagai dasar untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan XL Axiata.

“Solusi Ericsson Cognitive Software akan memperkuat tekad kuat XL Axiata untuk memaksimalkan pengalaman pelanggan dan keunggulan operasional. Solusi ini akan mengurangi biaya operasional dan kompleksitas serta memberikan pengalaman jaringan ke generasi selanjutnya. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata dalam perjalanan transformasi ini,” kata Country Head Ericsson Indonesia Jerry Soper.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year