Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Induk usaha jajaki merger Indosat dan Tri Indonesia

11:03:00 | 29 Dec 2020
Induk usaha jajaki merger Indosat dan Tri Indonesia
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Indosat Ooredoo dan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) sepertinya tengah serius menjajaki merger.

Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) secara eksklusif antara induk usaha kedua perusahaan yakni Ooredoo dengan CK Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison).

Dalam siaran pers Senin (28/12), periode eksklusivitas untuk MoU ini berlaku hingga 30 April 2021.

Saat ini keduanya sedang dalam tahap awal menilai manfaat dari potensi transaksi tersebut.

"Sebagai bagian dari strategi perusahaan kami, kami secara teratur meninjau prioritas strategis dan posisi pasar kami di semua operasi kami, dan kontribusinya terhadap Ooredoo Group," ujar Ooredoo.

Ooredoo menekankan bahwa tidak ada kesepakatan yang mengikat secara hukum sehubungan dengan kemungkinan kesepakatan yang telah dibuat pada tanggal pengumuman ini.

Perusahaan menambahkan akan membuat pengumuman lebih lanjut terkait kesepakatannya dengan Tri Indonesia jika diperlukan.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan bahwa CK Hutchison Holdings Ltd. Hong Kong dikabarkan tengah mendekati kesepakatan dengan QPSC Ooredoo Qatar untuk menggabungkan operasi telekomunikasi mereka di Asia Tenggara.

Sumber dalam diskusi tertutup ini menyebut, Hutchison tengah dalam pembicaraan lanjutan untuk menggabungkan bisnis telekomunikasi Tri Indonesia dengan Indosat Ooredoo.

Paket Semangat Kemerdekaan
Ooredoo memiliki 65% saham Indosat yang terdaftar di Jakarta.

Indosat Ooredoo tercatat memiliki 60,4 juta pelanggan pada akhir September 2020. Sementara Hutchison Asia Telecommunications, yang menguasai bisnis telekomunikasi CK Hutch di Indonesia, Vietnam, dan Sri Lanka, memiliki sekitar 48,8 juta pelanggan aktif di tiga negara.

Bisnis di Indonesia menyumbang US$ 510 juta, atau 87% dari total pendapatan Hutchison Asia dalam enam bulan pertama pada 2020. Ini adalah satu-satunya pasar Hutch Asia yang membukukan Ebitda positif.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Telkom Digital Permata