telkomsel halo

JD.ID fasilitasi toko elektronik go digital

12:13:48 | 13 Dec 2020
JD.ID fasilitasi toko elektronik go digital
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - JD.ID meluncurkan program terbaru-nya, bernama “JD.ID Partner Store”.

“JD.ID Partner Store” adalah sebutan bagi para toko elektronik mitra JD.ID, yang terintegrasi dengan layanan perusahaan dalam aspek Pemasaran, Pengiriman, Pemasangan, dan Perawatan/Perbaikan produk elektronik.

Melalui program ini, JD.ID bermaksud untuk mendorong pertumbuhan penjualan pemasok produk elektronik, para pemilik usaha toko elektronik skala kecil-menengah, dan terutama memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Dengan mengemban motto perusahaan, yaitu #DijaminOri, sejak awal beroperasi di Indonesia, JD.ID sudah dikenal sebagai platform e-commerce terpercaya dalam penjualan produk elektronik, terlebih produk elektronik berukuran besar (big item). Melalui kerjasama dengan berbagai mitra brand elektronik lokal dan internasional, JD.ID berhasil membangun platform terintegrasi yang berkualitas, lengkap, dan terdepan, dalam melayani para pelanggan di seluruh Indonesia.

Namun pada sisi operasional, dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan, JD.ID kerap menemukan tantangan dalam layanan logistik dan purna jual-nya (pemasangan, perawatan, perbaikan),  seperti kesulitan dalam mengirimkan produk-produk elektronik berukuran besar (big item) ke daerah kecil/terpencil dan kurang-nya sumber daya manusia (SDM) dalam melayani permintaan layanan purna-jual, yang mana hal ini berakibat pada menurun-nya tingkat kepuasan konsumen.

Ternyata hal ini tidak hanya dialami oleh JD.ID sebagai perusahaan retail online besar, kebanyakan toko elektronik skala kecil-menengah juga kesulitan untuk mengembangkan bisnis-nya karena permasalahan yang hampir serupa, seperti kekurangan moda logistik dan sumber daya, ditambah lagi dengan jumlah permintaan yang lemah karena tidak memiliki kemampuan pemasaran, serta sistem penjualan yang masih sangat manual.

Hal inilah yang melatarbelakangi dikembangkan-nya program “JD.ID Partner Store” oleh JD.ID. JD.ID meyakini bahwa “JD.ID Partner Store” dapat berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi, benefit, dan fasilitas secara online antara JD.ID, pemasok, dan penyedia layanan (toko elektronik skala kecil-menengah).

Melalui program tersertifikasi ini, setiap pihak dapat bekerjasama untuk memberikan solusi atas tantangan penjualan produk elektronik, dengan menyediakan sumber daya bagi jaringan layanan nasional, memperluas layanan logistik dan cakupan jaringan instalasi, mendorong pertumbuhan penjualan, dan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

Selain itu, terkhusus bagi para toko elektronik skala kecil-menengah, JD.ID juga akan menyediakan sejumlah fasilitas, antara lain menyediakan sistem penjualan yang canggih, mengadakan pelatihan bisnis profesional, serta menyediakan multi-saluran penjualan, dan sumber daya untuk meningkatkan skala bisnis dan pendapatan operasional.

“Melalui program “JD.ID Partner Store” akan terjalin kerjasama yang mutualisme atau saling menguntungkan antara JD.ID dan toko mitra, mulai dari brand effect : peningkatan reputasi dan kepercayaan toko melalui kredibilitas JD.ID, multiple business types : penyediaan layanan terintegritas, mulai dari pengiriman, pemasangan, hingga perawatan, operational model : model operasional 1 toko khusus untuk 1 kabupaten dan pengembangan 4 hingga 6 pasar per wilayah, growth scale : peningkatan skala pertumbuhan bisnis melalui pengembangan 4 hingga 6 pasar dan lokalisasi 1 toko per kabupaten, serta business development : pemanfaatan brand dari JD.ID untuk dapat mengajukan kerjasama dengan brand-brand elektronik ternama, serta membangun reputasi sebagai penyedia layanan purna-jual yang andal, kelima manfaat utama inilah mampu menghasilkan win-win cooperation, terutama bagi toko mitra bergabung,” kata Head of Big Item Logistics Frank.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
More Stories
Data Center Service Provider of the year
XL Ditengah Pandemi