Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75
telkomsel halo

Microchip tawarkan pengendali mikro untuk desain sistem analog

13:11:45 | 23 Okt 2020
Microchip tawarkan pengendali mikro untuk desain sistem analog
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) — Microchip Technology Inc. mengumumkan rangkaian MCU PIC18-Q41 dan AVR DB, yang merupakan yang pertama menggabungkan periferal analog canggih dan operasi multi-voltase dengan koneksi inter-periferal untuk meningkatkan integrasi sistem, mengurangi waktu perolehan sinyal, dan menawarkan kemudahan serta efisiensi pengoperasian dalam suatu lingkungan desain tunggal.

“Microchip menghadirkan kemampuan analog yang mudah digunakan untuk MCU PIC dan AVR yang berbiaya rendah sehingga para perancang dapat memenuhi kebutuhan sistem IoT berskala besar. Dengan pengalaman perangkat pengembangan yang terpadu dan lancar, para perancang dapat menggunakan MCU ini sebagai pengendali chip tunggal atau sebagai komponen pengkondisian sinyal analog pintar dalam sistem yang lebih besar,” ujar Associate vice president pemasaran untuk unit bisnis pengendali mikro 8-bit Microchip Greg Robinson.   

Untuk memenuhi kebutuhan pengkondisian sinyal dalam aplikasi penginderaan dan pengukuran yang dibatasi ruang seperti node tepi IoT dan industri, perangkat medis, perangkat yang dapat dikenakan, otomotif dan sistem pencahayaan, MCU PIC18-Q41 memiliki Penguat Operasional yang dapat dikonfigurasi (Operational Amplifier – Op Amp), Konverter Analog ke Digital (­Analog-to-Digital Converter – ADC) dengan komputasi dan Konverter Digital ke Analog (Digital-to-Analog Converter – DAC). Ini sangat cocok untuk IoT dan kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) berskala besar, termasuk node tepi pemeliharaan prediktif di pabrik pintar. Ditawarkan dalam paket 14 dan 20 pin yang padat, MCU PIC18-Q41 juga merupakan pendamping yang baik untuk Microchip 32-bit MCU dan pengendali lain yang memerlukan integrasi analog.

Sistem IoT sinyal gabungan seringkali menyertakan beberapa domain daya, dan MCU AVR DB menyederhanakan tantangan desain ini sekaligus mengurangi biaya dengan mengintegrasikan pengubah level dua arah yang sebenarnya.

Fitur ini menurunkan biaya dalam berbagai aplikasi termasuk otomotif, peralatan, HVAC dan pengukuran cairan. Penambahan tiga Op Amp yang independen dan sangat dapat dikonfigurasi, ADC diferensial 12-bit, DAC 10-bit, tiga detektor silang nol, dan Periferal Independen Inti (Core Independent Peripherals – CIP) membuat MCU AVR DB ideal untuk hampir semua aplikasi yang melibatkan pengkondisian sinyal analog dan fungsi pemrosesan.

Dukungan
Rangkaian produk MCU PIC18-Q41 dan AVR DB didukung oleh Lingkungan Pengembangan Terintegrasi (Integrated Development Environment – IDE) MPLAB X Microchip, Konfigurator Kode MPLAB (MPLAB Code Configurator – MCC) dan Analog Simulator Mindi MPLAB. MCC adalah plug-in software gratis yang menyediakan antarmuka grafis untuk mengkonfigurasi periferal dan fungsi yang khusus untuk aplikasi.

Paket Semangat Kemerdekaan
Selain MCC, AVR DB didukung oleh Atmel START, Atmel Studio dan perangkat pihak ketiga seperti IAR dan kompiler GCC C. MCC dan START membantu perancang analog dan digital untuk dengan mudah membuat konfigurasi sistem Op Amp untuk berbagai kasus penggunaan umum melalui antarmuka pengguna grafis (graphical user interface – GUI) tanpa memerlukan pengkodean.

Kedua rangkaian MCU ini menawarkan papan pengembangan yang ringkas dan hemat biaya dengan kemampuan pemrograman dan penghapusan error (debugging): Perangkat Pengevaluasian Nano PIC18F16Q41 Curiosity (EV26Q64A) dan Perangkat Evaluasi Nano AVR DB Curiosity (EV35L43A). Panduan memulai cepat untuk PIC MCU dan AVR MCU tersedia untuk segera memulai proyek.

HUT RI ke 75
MCU PIC18-Q41 dan AVR DB ditawarkan dalam berbagai ukuran memori, paket dan harga. PIC18-Q41 dijual mulai dari US$0.65 dalam jumlah 10.000-unit. AVR DB dijual mulai dari US$0.95 dalam jumlah 10.000-unit.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan