Paket rumah ceria
Paket rumah ceria
telkomsel halo

Diterpa isu PHK, ini klarifikasi Indosat Ooredoo

13:52:00 | 15 Feb 2020
Diterpa isu PHK, ini klarifikasi Indosat Ooredoo
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Karyawan Indosat Ooredoo dikabarkan kembali bergolak layaknya dua tahun lalu.

Sejak Jumat (14/2) di kalangan pewarta sudah menyeruak kabar manajemen Indosat Ooredoo akan melakukan restrukturisasi organisasi yang akan berdampak ke nasib para karyawannya.

Manajemen Indosat pun pada Sabtu (15/2) mengeluarkan pernyataan resmi dengan mengumumkan perubahan organisasi yang dirancang untuk menjadikan bisnis lebih lincah sehingga lebih fokus kepada pelanggan dan lebih dekat dengan kebutuhan pasar.

“Kami akan terus melanjutkan strategi 3 tahun untuk bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih lincah dan terpercaya. Hari ini kami telah mengumumkan langkah baru untuk menyesuaikan organisasi kami dengan perubahan kebutuhan pasar,” ungkap Director & Chief of Human Resources Irsyad Sahroni di Jakarta, Sabtu, (15/2).

Dikatakannya, dalam pengumuman kepada karyawan kemarin, President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama menyampaikan tiga perubahan vital terhadap bisnis Indosat Ooredo:

1.    Memperkuat tim regional agar lebih cepat mengambil keputusan dan lebih dekat dengan pelanggan.
2.    Pengalihan penanganan jaringan ke pihak ketiga, penyedia jasa Managed Service, sejalan dengan praktik terbaik di industri
3.    Rightsizing organisasi, menambah SDM untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan, serta merampingkan SDM di beberapa fungsi bisnis.

“Kami telah mengkaji secara menyeluruh semua opsi, hingga pada kesimpulan bahwa kami harus mengambil tindakan yang sulit ini, namun sangat penting bagi kami untuk dapat bertahan dan bertumbuh,” tambah Irsyad.

Ditegaskannya, manajemen mengambil langkah yang fair sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mengkomunikasikan langsung secara transparan kepada setiap karyawan baik yang terkena dampak maupun yang tidak, serta memberikan paket kompensasi yang jauh lebih baik dari yang dipersyaratkan oleh undang-undang bagi karyawan yang terkena dampak.

"Per tanggal kemarin (14/02/2020), dari 677 karyawan yang terdampak, lebih dari 80% telah setuju menerima paket kompensasi ini dan kami juga menjalin kerja sama dengan mitra Managed Service untuk memberi kesempatan bagi mereka agar tetap dapat bekerja di mitra kami tersebut,” katanya.

Irsyad menyimpulkan langkah restrukturisasi ini akan meningkatkan kinerja Indosat, membantu perseroan untuk tetap kompetitif di tengah tantangan disrupsi, mengoptimalkan layanan, dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. "Ini adalah salah satu langkah strategis dalam menjadikan Indosat Ooredo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang terpercaya,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejak Jumat (14/2) malam para pewarta yang biasa meliput sektor telekomunikasi mendengar kabar manajemen Indosat menawarkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada lebih kurang 500 karyawannya dari berbagai unit kerja secara sepihak. 

Paket rumah ceria
Karyawan yang banyak terkena di fungsi Network Operation. Kabarnya, proses PHK terbilang singkat, karyawan hanya diberi waktu kurang lebih empat jam untuk menandatangani formulir kesediaan PHK.

Bila menunda-nunda penandatanganan surat ketersediaan PHK itu, nilai pesangon yang diterima karyawan bisa berkurang dari yang dijanjikan menjadi hanya senilai pesangon yang ditetapkan dalam Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Angkasa Pura 2
Dalam catatan, pada 2018 manajemen Indosat juga melakukan restrukturisasi organisasi dan diwarnai aksi demo dari karyawan yang menolak kala itu.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan