Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Tol Langit belum maksimal dimanfaatkan

12:24:00 | 27 Jan 2020
Tol Langit belum maksimal dimanfaatkan
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Infrastruktur Palapa Ring atau dikenal dengan Tol Langit yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata belum maksimal pemanfaatannya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan berdasarkan tinjauan di lapangan, ditemukan tingkat penggunaan Palapa Ring belum maksimal.

"Utilisasi dari Palapa Ring ini belum sesuai dengan yang diharapkan. Komisi I DPR RI yakin, sesuai dengan perkembangan zaman dan masyarakat akan pentingnya internet maka akan semakin tinggi tingkat utilisasinya. Tentunya pula juga ditentukan dengan permintaan pasar, makin tinggi permintaan pasar maka operator pasti akan datang," katanya seperti dikutip dari laman DPR (27/1).

Palapa Ring merupakan sebuah proyek internet yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk menyiapkan internet melalui sebuah jalan utama yang disebut Palapa Ring, dari jalan utama ini kemudian untuk sampai ke konsumen harus ada jalan-jalan yang lain yang disediakan oleh operator.

“Pemerintah menyiapkan jalan tol ini, nantinya yang menggunakan adalah operator yang akan menyewa jalan ini kemudian didistribusikan kepada masyarakat. Tentunya hal tersebut sangat tergantung pada operator telekomunikasi yang akan memanfaatkannya,” katanya.

Paket Phoenix
Palapa Ring merupakan proyek pembangunan backbone jaringan serat optik nasional yang menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU. PT Telkom telah mengintegrasikan backbone serat optik di 457 Kabupaten/Kota melalui skema Non-KPBU.

Penggelaran Palapa Ring oleh Pemerintah sepanjang lebih dari 12.000 km di 57 kabupaten/kota di 11 provinsi dengan skema KPBU merupakan wujud dari kebijakan afirmatif pemerintah untuk menyediakan internet cepat di wilayah-wilayah Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T) yang secara komersial tidak feasible untuk dibangun oleh pihak swasta.

Bekerja sama dengan PT Palapa Ring Barat, PT LEN Telekomunikasi Indonesia, PT Palapa Timur Telematika, pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah menuntaskan pembangunan jaringan serat optik nasional di seluruh ibukota kabupaten/kota di Indonesia pada bulan Agustus 2019.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan