Paket rumah ceria
Paket rumah ceria
NeuAPIX
telkomsel halo

Codafood bawa kuliner lokal go global

07:48:14 | 20 Dec 2019
Codafood bawa kuliner lokal go global
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Coda Pangan Sejahtera (Codafood) siap membawa industri kuliner Indonesia beranjak dari pasar nasional ke pasar global.

“Codafood memiliki visi untuk memperkenalkan lebih banyak lagi ragam kuliner tanah air di luar negeri. Hal ini juga sejalan dengan visi Kementerian Pariwisata yang menetapkan lima ikon kuliner sebagai makanan nasional Indonesia untuk selalu dibawa dalam setiap agenda promosi wisata, yakni soto, rendang, nasi goreng, sate dan gado-gado. Kami melihat tantangan yang muncul bagi pemilik merek atau produk adalah dari sisi akses dan keterbatasan akan pengetahuan minat pasar global. Karenanya, Codafood hadir untuk menjembatani kebutuhan pelaku usaha kuliner dengan target pasar yang agar bisa diterima oleh target konsumen baru yaitu masyarakat global,” tutur CEO Codafood Albert Christo dalam keterangan kemarin.

Albert mengungkapkan Codafood telah mengembangkan pilot project pertamanya, yakni membuka cabang pertama Soto Betawi Bang Rojak di Jepang. Sebagai informasi, gerai Soto Betawi Bang Rojak saat ini sudah memiliki tiga cabang di Indonesia.

Upaya Codafood dalam menjembatani akses gerai Soto Betawi Rojak ke calon target pasarnya di Jepang salah satunya dimulai dengan menggelar food tasting dengan sejumlah warga negara Jepang asli yang tinggal di Jakarta. Dari sini, pemilik usaha akan mendapatkan banyak informasi dan masukan untuk bisa memantapkan langkahnya menuju pasar luar negeri. Hasilnya, agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang, nama merek Soto ini diganti dengan nama Soto Betawi Miyamoto yang ditargetkan akan dibuka pada kuartal pertama di tahun 2020.

Aktor ternama Herjunot Ali yang kini giat mengembangkan platform digitalnya BRBGKLTR (Berbagi Kultur) juga turut andil dalam membesarkan kuliner otentik Indonesia bersama Codafood. Menjabat sebagai Komisaris, Herjunot Ali mengemukakan optimismenya terhadap cita rasa khas Indonesia di kancah internasional.

Paket rumah ceria
“Berbagi Kultur dan Codafood memiliki kesamaan visi dan misi yakni mengenalkan warisan budaya Indonesia dan mempertahankannya lewat pendekatan unik dan inovatif. Melalui Codafood, saya juga berharap ragam kuliner Indonesia dapat merambah pasar global dan tentunya menjadi penyumbang signifikan bagi jumlah franchise di luar Indonesia yang saat ini masih banyak didominasi pemain asing,“ tutur pria yang kerap disapa Junot ini.

Junot memprediksi, di tahun 2020 Codafood dapat membuka setidaknya lima franchise kuliner khas Indonesia di luar negeri.

NeuAPIX
“Tentunya kami ingin membangkitkan optimisme pelaku industri kuliner otentik Indonesia untuk terus berkarya dan berani bermimpi lebih tinggi lagi untuk bisa bersaing di arena yang lebih luas bersama Codafood. Harapan kami tentunya agar semakin banyak bisnis yang bergabung dan local partner di negara tujuan bisa melihat potensi kuliner Indonesia mampu mendatangkan profit bagi mereka. Kami juga ingin menjadi bagian dari perwujudan cita-cita pemerintah yang pernah disampaikan oleh Kementerian Perdagangan agar waralaba dalam negeri bisa lebih agresif menyasar pasar luar negeri guna meningkatkan daya saing nasional lewat kuliner,” ujar Junot.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
BEI suspensi saham TiPhone