telkomsel halo

Quipper dan LIPI kolaborasi dongkrak literasi penelitian

08:19:00 | 12 Dec 2019
Quipper dan LIPI kolaborasi dongkrak literasi penelitian
JAKARTA (IndoTelko) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkolaborasi dengan Quipper dalam pembuatan konten penelitian kekinian yang menarik, kontekstual dan mudah dipahami bagi pelajar SMA.

LIPI juga mengadakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan National Young Inventors Award. Bahkan KIR telah diselenggarakan sejak tahun 1968. Berdasarkan data dari LIPI, jumlah proposal yang masuk dalam KIR 2019 sejumlah 1.994, angka tersebut masih terbilang kecil jika dibandingkan jumlah siswa SMA di Indonesia yang mencapai 4,8 juta pelajar.

Kedua acara tahunan yang konsisten dilakukan LIPI tersebut merupakan salah satu langkah yang diambil dalam meningkatkan literasi dan minat anak muda terhadap riset. Berkaitan dengan hal tersebut, LIPI juga melakukan banyak hal lain, misalnya publikasi penelitian dalam bentuk video yang disajikan dalam bentuk dokumenter dan dipublikasi via Youtube oleh Balai Informasi Teknologi.  

Kolaborasi LIPI dan Quipper dituangkan dalam bentuk video pembelajaran bagi siswa SMA. Tahapan panjang mulai dari pemilihan materi penelitian dari LIPI dan kontekstualisasi dengan pelajaran yang sesuai dengan kurikulum SMA oleh Quipper, sudah dilakukan sejak Maret 2019.

Kini, video pembelajaran mengenai hasil penelitian ilmu sosial dan ilmu pengetahuan alam dapat dinikmati secara gratis baik di youtube LIPI maupun Quipper. Video tersebut juga dapat dinikmati langsung di aplikasi Quipper Video.

“Tantangan pendidikan ke depan tidak hanya melakukan transformasi digital, namun penting juga untuk memberikan kontekstualisasi terhadap pelajaran dan permasalahan di sekitar. Untuk melahirkan inovasi dalam menyelesaikan berbagai macam masalah itu, anak muda harus paham akan pentingnya penelitian. Kami senang sekali bisa mendapat kepercayaan untuk berkolaborasi dengan LIPI," kata Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari.

Kepala Balai Informasi Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prapti Sasiwi, S. Kom berharap kolaborasi dalam penggarapan video penelitian yang dikemas lebih segar, kontekstual dan animasi dapat menarik minat siswa untuk lebih cinta dan menyenangi penelitian. Beliau juga menuturkan.

“Saya berharap kolaborasi antara LIPI dan Quipper ini dapat membantu memasyarakatkan ilmu pengetahuan, utamanya ya tentu pada generasi milenial melalui video edukasi,” katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year