telkomsel halo

Telah hadir di 8 kota, Everywhere.id dan Katadata Insight Center lakukan riset bersama

06:31:00 | 15 Dec 2023
Telah hadir di 8 kota, Everywhere.id dan Katadata Insight Center lakukan riset bersama
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Platform solusi hiburan layanan streaming dengan produk inovatifnya, Play Everywhere, Everywhere.id meluncurkan riset yang dilakukan bersama Katadata Insight Center berjudul "Impact of Play Everywhere in Revolutionizing Indonesia"s Music Industry and Live Entertainment Trends".

Survei dilakukan seiring dengan meningkatnya pemanfaatan media hiburan di berbagai tempat secara signifikan, serta kehadiran Play Everywhere guna menjawab kebutuhan masyarakat akan hiburan dan tren live entertainment seiring dengan potensi besar industri musik tanah air.

Setelah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, Play Everywhere saat ini telah hadir di delapan kota besar di Indonesia, di antaranya yaitu Jakarta, Bandung, Jogja, Medan, dan Bali, menyediakan live entertainment dari para PlayStars di manapun, kapanpun. Penelitian dilakukan di kota-kota tersebut untuk memahami persepsi dan respons pengunjung terhadap live entertainment, khususnya dalam format baru seperti yang ditawarkan Play Everywhere; efektivitasnya dalam meningkatkan ambience di café dan restoran, serta keberhasilan implementasi Play Everywhere terhadap tingkat kunjungan dan kenyamanan pengunjung.

Menurut Chief Everywhere Officer Everywhere.id, Edy Sulistyo, riset ini merupakan bentuk komitmen perusahaannya untuk terus memahami dan mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan tren hiburan secara langsung. "Dengan lebih dari 80% responden yang tertarik dan ingin mencoba konsep live music secara streaming, kami optimistis Play Everywhere dapat menjadi game changer khususnya dalam membantu menjembatani kebutuhan antara konten kreator dan industri hospitality di Indonesia," katanya.

Berdasarkan survei, generasi millennial lebih sering berkunjung ke Café, sedangkan Gen X lebih sering berkunjung ke restoran, dengan Gen X cenderung menghabiskan waktu lebih lama di restoran dibandingkan generasi yang lebih muda. Di sisi lain, 97,8% responden merekomendasikan café atau restoran karena menyukai live-musicnya. Live music merupakan faktor penting bagi seluruh responden dalam memilih cafe atau restoran karena dapat memberikan pengalaman pelanggan yang positif dan juga menjadi salah satu penilaian mereka terhadap suatu tempat hiburan, cafe atau restoran.

Survei mengungkapkan bahwa mayoritas responden yang telah merasakan langsung Play Everywhere menganggap Play Everywhere mudah untuk digunakan karena terdapat fitur-fitur yang komprehensif seperti fitur request lagu, informasi tentang penyanyi, kirim pesan dan dapat menyapa langsung kepada performer. Musik menjadi konten utama yang harus selalu ada di Play Everywhere, namun masyarakat juga mengharapkan ada konten lain yaitu podcast, video hiburan, stand-up comedy maupun kuis berhadiah. Selain itu, kualitas audio dari Play Everywhere juga dinilai baik oleh 88,9% responden karena menggunakan teknologi sound system yang berkualitas tinggi. Sebanyak 86% responden mengatakan bahwa akan mengunjungi dan merekomendasikan cafe karena Play Everywhere.

Ditambahkan Edy, pihaknya senang sekali mendapatkan respons positif di mana hampir seluruh responden menilai Play Everywhere dapat dijadikan alternatif hiburan yang dapat diakses dengan mudah untuk dinikmati, serta kualitas hiburan live streaming music dari Play Everywhere bisa mempengaruhi tingkat konsumsi mereka di café/restoran. "Kami melihat hal ini sebagai potensi kontribusi positif Play Everywhere terhadap tingkat belanja di café ataupun restoran, yang tentunya memberikan dampak ekonomi terhadap industri hospitality," ujarnya.

Adapun, mayoritas responden (86,7%) menyukai musik pop dan Jazz (40,0%) sebagai pengantar hiburan mereka di café atau restoran. Musik bergenre Pop tampaknya merupakan menu yang wajib ada di setiap venue. Sementara Jazz, Reggae, dan Rock adalah variasi pilihan sebagai selingan, yang dapat disesuaikan dengan jam, acara, atau jenis pengunjung yang ada di venue. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year