Semarak Kemerdekaan
Semarak Kemerdekaan
telkomsel halo

Menkominfo Johnny ajukan syarat agar tak ada pemblokiran internet

12:03:00 | 29 Okt 2019
Menkominfo Johnny ajukan syarat agar tak ada pemblokiran internet
Menkominfo Johnny G Plate
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengaku terus mendukung platform digital berkembang di masyarakat untuk memajukan perekonomian dan kehidupan bangsa.

"Saya terus dukung platform asalkan konten yang disediakan tak buat kacau. Kalau terjadi (kekacauan), ya blokir opsinya dipilih," katanya kemarin.

Disarankannya, agar akses internet tetap bisa dinikmati masyarakat, tidak muncul konten yang berlawanan dengan norma-norma di masyarakat.

"Kami inginnya tidak ada pemblokiran. Namun kalau tidak mau ada pemblokiran, yang jangan buat kacau," tegasnya.

Johnny pun berharap sejumlah platform digital seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp digunakan dengan cara yang baik, tidak menyebarkan hoaks atau informasi meresahkan masyarakat dan merusak budaya bangsa.

Semarak Kemerdekaan
"Kami akan melakukan berbagai cara (agar tidak ada pemblokiran). Secara teknis (jika akhirnya diblokir), kami akan lihat apakah dilakukan melalui platform, atau cara lain. Nanti kita bicarakan. Platformnya kita tahan. Caranya dengan sedikit mengambil hak masyarakat dengan pembatasan yang sifatnya sementara, bukan permanen karena kita menghormati kebebasan berpendapat. Konstitusi mengharuskan kebebasan berpendapat dengan menghormati masyarakat," paparnya.

Asal tahu saja, di era Rudiantara menjadi Menkominfo terjadi pembatasan akses layanan internet di Papua dan pembatasan akses ke media sosial di Jakarta. 

Di era Rudiantara juga terjadi pemblokiran terhadap platform Vimeo, Reddit, Tumblr, Bigo Live, hingga TikTok. Beberapa di antaranya diblokir secara permanen, namun ada juga yang sementara.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Editorial
Tersandera OTT