telkomsel halo

Unika Atma Jaya luncurkan aplikasi Gnowbe

08:55:18 | 29 Okt 2019
Unika Atma Jaya luncurkan aplikasi Gnowbe
JAKARTA (IndoTelko) - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya meluncurkan program microlearning dengan topik pembelajaran “Financial Crisis and Disruption” melalui aplikasi yang bernama Gnowbe di Jakarta, Senin (28/10). 

Dengan bekerja sama dengan Knowledge Catalyst, perusahaan teknologi pendidikan (EdTech) berbasis di Singapura dan Jakarta, Unika Atma Jaya menyediakan media pembelajaran yang mudah diakses melalui smartphone yang melekat dengan generasi milenial.

Peluncuran microlearning ini adalah respon dengan perkembangan teknologi yang telah membuat terjadinya disrupsi dalam berbagai bidang seperti pendidikan dan keuangan. Pada bidang keuangan, saat ini kita mengenal teknologi finansial (tekfin) yang mengubah cara bekerja dan berbisnis. Berbagai perusahaan tekfin bermunculan begitu juga dengan metode pembayaran dan berinvestasi yang semakin dipermudah.  Sedangkan pada bidang pendidikan, saat ini kegiatan belajar dan mengajar mulai mengadopsi teknologi. Teknologi kini membuat wajah media pembelajaran menjadi baru. 

“Perubahan teknologi membawa dampak terutama terhadap bidang keuangan dan pendidikan. Untuk itu, sebagai Universitas, kita juga harus mengikuti pergerakannya dengan mengadopsi teknologi sebagai media pembelajaran. Microlearning ini merupakan salah satu wujud nyatanya untuk membantu mahasiswa belajar dan saling berdiskusi dengan mahasiswa lain hingga mahasiswa mancanegara,” kata Rektor Unika Atma Jaya sekaligus Pengajar Graduate School of Business Magister Manajemen Ekonomi Terapan, Dr. A. Prasetyantoko, kemarin.

CEO Knowledge Catalyst, Rudy Rahardjo menambahkan kerja sama Knowledge Catalyst dengan Unika Atma Jaya mempunyai misi menggunakan dan mengembangkan teknologi baru untuk pemerataan pembelajaran. 

"Kami juga turut mendukung dunia pendidikan dalam mempersiapkan lulusan yang dibutuhkan di masa depan,” jelasnya.  

Knowledge Catalyst juga menawarkan Solusi untuk Penerbitan dan Verifikasi Dokumen berbasis Teknologi Blockchain berkolaborasi dengan menggunakan framework OpenCerts – sebuah inisiatif dari Government Technology Agency of Singapore – untuk membantu institusi pendidikan dan badan akreditasi menerbitkan sertifikat, ijazah dan transkrip dengan menggunakan teknologi Blokchain sehingga dapat menghindarkan pemalsuan dokumen dan mempermudah perusahaan dalam melakukan verifikasi untuk dokumen calon karyawan.

Pembelajaran microlearning melalui aplikasi Gnowbe dapat diunduh dengan mudah melalui Apple Appstore dan Google Play Store. Kelebihan utama aplikasi ini adalah materi pembelajaran sangat mobile friendly, mengikuti kebiasaan penggunaan media generasi milenials. 

Mereka dapat mempelajari materi kapan saja di mana saja, karena materi pembelajaran dipecah sesuai fokus pembelajaran dalam durasi yang lebih singkat sekitar 10 menit.  Para peserta bukan hanya mahasiswa tapi juga umum bahkan lintas negara yang memungkinkan terjadinya transfer knowledge dan networking antar peserta dalam forum diskusi yang juga disediakan di sana.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year