Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Aplikasi utilitas tumbuh cepat di Indonesia

05:24:49 | 10 Okt 2019
Aplikasi utilitas tumbuh cepat di Indonesia
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Aplikasi utilitas merupakan aplikasi yang tumbuh cepat di Indonesia.

Indonesia adalah pasar menjanjikan yang dipicu oleh popularitas aplikasi video dan layanan streaming.

Hal itu ditemukan dalam laporan Adjust tentang Peta Pertumbuhan Seluler yang mengacu pada data dari hampir 3.500 aplikasi yang dirilis pada 2018.

Peta ini juga memecah data di 31 negara dan empat vertikal industri (E-commerce, Hiburan, Permainan dan Utilitas) untuk mengungkapkan seberapa baik kinerja aplikasi.

Dalam laporan Adjust Global App Trends 2019 yang dirilis pada bulan Mei, juga menyebut Indonesia "pasar dengan pertumbuhan tercepat." Seiring dengan Hiburan dan Permainan, Utilitas adalah vertikal yang tumbuh cepat di negara ini. Khususnya, kinerja Utilities didorong oleh penggunaan aplikasi cuaca secara aktif.

Laporan Peta Pertumbuhan Seluler menggunakan Skor Pertumbuhan, metrik baru yang dikembangkan oleh Adjust untuk memetakan kenaikan aplikasi di pasar global. Metrik unik ini dihitung dengan membagi total pemasangan aplikasi per bulan dengan jumlah pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) untuk setiap vertikal dan negara untuk mengungkapkan tingkat pertumbuhan dari pemasangan relatif terhadap basis MAU.

Selain Skor Pertumbuhan, Adjust mengembangkan metriknya sendiri untuk mengukur dampak retensi, yang disebut "Faktor Retensi." Faktor Retensi dihitung dengan membagi retensi organik dengan retensi berbayar, yang memberi pembaca perbedaan nyata antara kedua jenis pengguna.

Dengan retensi tertinggi dari segala vertikal, Gaming rata-rata 34% pada Hari 1, dan 15% pada Hari 7. Namun, game menjatuhkan 19% dari total basis pengguna mereka antara Hari 1 dan Hari 7 - penurunan paling tajam dari semua vertikal.

Telkom Marketing 2
Meskipun penurunan ini tampaknya dramatis, itu mungkin juga terkait dengan dampak permainan yang sangat kasual. Sub-kategori terbang tinggi ini menyumbang jumlah unduhan yang signifikan tetapi sejauh ini gagal untuk mendorong loyalitas yang langgeng di antara para pemain. Menariknya, gamer Amerika Utara mempertahankan yang terbaik, menunjukkan retensi Hari 1 tertinggi dari semua negara yang disurvei.

"Menumbuhkan basis pengguna aplikasi Anda adalah bagian penting dari persamaan pertumbuhan, tetapi di pasar di mana sebagian besar aplikasi adalah sejarah hanya 24 jam setelah pemasangan, marketer perlu lebih fokus untuk melibatkan dan mempertahankan pengguna tersebut," kata Salah satu pendiri dan CTO dari Adjust Paul H. Müller.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan keterlibatan, dan memperpanjang umur aplikasi, marketer harus membangun kemampuan berbasis data untuk menargetkan pengguna yang ingin mengaduk dan menargetkan mereka pada titik-titik kritis jauh sebelum tingkat retensi memulai penurunan yang tak terhindarkan," jelasnya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma