Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Telkom dan BRI bahas bisnis satelit HTS

10:35:00 | 20 Aug 2019
Telkom dan BRI bahas bisnis satelit HTS
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengakui tengah terlibat diskusi dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) untuk mengembangkan layanan transponder High Throughput Satellite (HTS) di slot orbit 103 Bujur Timur (BT).

"Memang sedang ada diskusi dengan BRI soal layanan satelit HTS. Kita maunya nanti win-win dalam bentuk sinergi BUMN," ungkap Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen pada kesempatan Public Expose Live 2019 dalam rangka peringatan 42 tahun Pasar Modal Indonesia di Jakarta, Senin, (19/8).

Sebelumnya, Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo mengungkapkan potensi menggarap bisnis transponder HTS di slot orbit 103 BT dengan Telkom memungkinkan secara teknis.

"BRI punya slot di 103 BT hanya saja spektrumnya perlu kolaborasi agar bisa HTS. Penyediaan transponder satelit dilakukan rencananya melalui  partnership join investment antara PT. Satkomindo dengan operator lain yang punya spektrum untuk HTS," katanya.

Saat ini di slot 103 BT, BRI masih kurang spektrum Ka Band. Sementara pemilik lainnya,  Telkom memiliki spektrum Ka Band  yang cocok untuk satelit HTS. (Baca: Telkom dan BRI)

Angkasa Pura 2
"Sehingga ada opportunity bisa kolaborasi di 103 BT. Kolaborasi bisa berbentuk condosat, hosted payload, atau buat JV. Satkomindo di 103BT mendapat spektrum C dan Ka Band. Kalau untuk HTS perlu Ka dan Ku Band. Tentunya sinergi dengan Telkomsat (anak usaha Telkom) menjadi lumayan intens membahas ini," tutupnya.(dn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma