Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Aplikasi Gagas Ruang ingin tampung aspirasi masyarakat

10:11:15 | 05 Jun 2019
Aplikasi Gagas Ruang ingin tampung aspirasi masyarakat
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Tata Ruang membuat suatu aplikasi yang disebut Gagas Ruang Indonesia untuk menampung aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan.

"Saat ini dibutuhkan media yang dapat memberikan informasi untuk masyarakat sehingga bisa ikut bertindak dan berpartisipasi langsung," ujar Pakar Sistem Informasi Nana Juhana dalam FGD Percepatan Implementasi Aplikasi Konsultasi Publik Online "Gagas Ruang," seperti disiarkan laman Kominfo belum lama ini.

Gagas Ruang dapat digunakan untuk menampung aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan. "Aplikasi basis web ini digunakan untuk menampung aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan sebagai dukungan kegiatan konsultasi publik dalam tahapan penyusunan Rencana Tata Ruang," ujarnya.

Aplikasi Gagas Ruang sebagai media pendukung pelaksanaan konsultasi publik secara online pada Penyusunan Rencana Tata Ruang (RTR) sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2010 tentang Bentuk dan Peran Masyarakat Dalam Penataan Ruang.

Plt. Direktur Aplikasi Pemerintahan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Dwi Anggono, menegaskan jika Gagas Ruang ini tidak boleh sama dengan aplikasi yang sudah ada dengan Kementerian lainnya. "Harus diperhatikan apakah ini sama dengan yang lainnya atau tidak. Sehingga harus ditekankan manfaat dengan adanya Gagas Ruang," tegas Bambang Dwi Anggono.

Angkasa Pura 2
Lebih lanjut Bambang Dwi Anggono mengatakan untuk menghindari hal tersebut Kementerian ATR/BPN bisa mengusulkan kepada MENPAN supaya aplikasi ini dapat dijadikan aplikasi umum. "Ketika menjadi aplikasi umum maka seluruh pimpinan wajib mencegah atau menghentikan aplikasi serupa dengan demikian sektor penataan ruang hanya di Kementerian ATR/BPN," ujar Bambang Dwi Anggono.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma