telkomsel halo

Kelas Pintar miliki tingkat keberhasilan 90%

06:15:48 | 29 May 2019
Kelas Pintar miliki tingkat keberhasilan 90%
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) – Extramarks Indonesia menghadirkan solusi Kelas Pintar yang memadukan analisa big data dan metode pengajaran efektif dengan pendekatan Learn, Practice dan Test, untuk meningkatkan kualitas pendidikan para peserta didik.

“Kelas Pintar memadukan teknologi dan metode pengajaran yang teruji. Tingkat keberhasilannya hingga 90%. Ini yang menjadi landasan kami berani meluncurkan program  Money Back Guarantee (MBG) dengan catatan menyelesaikan setidaknya 80% progress belajar,” jelas Country Manager Extramarks Indonesia Fernando Uffie kemarin.

Menurutnya, keberanian Extramarks Indonesia meluncurkan program MBG tidak lepas dari pengintegrasian ekosistem Kelas Pintar yang melibatkan murid, orang tua, guru, mentor, dan sekolah untuk berperan aktif dalam proses belajar anak.

Memanfaatkan teknologi Big Data, solusi Kelas Pintar Extramarks tidak hanya lengkap secara materi dan cara penyajiannya (visual, audio, kinesthetic) tapi juga tercatat dan dapat dimonitor secara real-time. Monitoring proses belajar anak bahkan bisa dilakukan melalui laptop, tablet maupun smartphone karena dapat digunakan pada aplikasi berbasis Android, sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

“Tidak hanya untuk menjamin kenaikan nilai, fitur monitoring ini memberikan kemampuan untuk memahami pola belajar dan minat anak, hingga dapat memprediksi tingkat keberhasilan. Hal ini menjadikan orang tua, guru, atau sekolah bisa menyiapkan langkah tepat untuk anak. Lebih jauh lagi, peruntukkannya bisa sampai ke Personalized Learning,” jelas Uffie.

Hal tersebut diamini oleh Donna Agnesia. Ibu dari tiga orang anak yang juga berprofesi sebagai pekerja seni ini merasakan bahwa fitur monitoring proses belajar anak di Kelas Pintar membantunya untuk mengenali karakter belajar dari masing-masing anaknya, sekaligus mengetahui kendala yang muncul dalam proses belajar anak.

“Manfaat penting dari fitur ini adalah saya sebagai orang tua murid bisa menyiapkan langkah preventif untuk meminimalisir kegagalan anak di sekolah. Karena saya bisa secara langsung memantau proses belajar, dan mengetahui kesulitan belajar mereka. Dan yang tak kalah pentingnya, saya jadi tahu karakter belajar dari masing-masing anak,” ujar Donna.

Monitoring
Solusi yang ditawarkan Extramarks ini sesuai dengan trend global dunia pendidikan yang mengarah pada big data analysis. Dimana institusi pendidikan, para pengajar, dan stake holder lainnya bisa mengolah dan memanfaatkan data, tidak hanya untuk pengembangan pendidikan itu sendiri tetapi juga untuk memahami siswa secara lebih dalam, mulai dari tingkat serapan, bidang ilmu yang disukai, hingga metode belajar yang sesuai dengan karakternya.

Inilah yang diimplementasikan di Kelas Pintar. Melalui fitur monitoring, proses belajar peserta didik bisa dipantau langsung dari menu Progress Anak Anda yang ada di dashboard Kelas Pintar. Di menu tersebut, orang tua, guru, maupun sekolah bisa memantau proses belajar anak, pada semua mata pelajaran dan aktivitas di setiap tahapan Learn, Practice,Test. Sebagai contoh, Donna Agnesia yang memiliki tiga putra putri, maka semua progress anak-anaknya dapat dilihat dalam satu dashboard.

Pada dashboard ini juga, orang tua dapat melihat detail nilai raport. Dimana, orang tua dapat melihat semua materi yang sudah dipelajari oleh anak. Tinggal pilih mata pelajarannya, lalu pilih bab berapa yang ingin dilihat. Jika sudah memilih maka akan terlihat progress Learn, Practice maupun Test yang sudah dilakukan oleh anak.

Didalamnya ada Progress Nilai Adaptif maupun MCQ atau Multiple Choice Question. Dapat dilihat detail setiap mata pejalaran dan setiap anak. Tampilannya pun sangat mudah untuk dibaca dan dimengerti oleh orang tua karena sudah berbentuk info grafik.

Semua hasil pemantauan ini membuat orang tua, bukan hanya memantau saja, tetapi juga dapat menentukan tindakan preventif, jika ada nilai yang masih belum sesuai. Apakah dengan menambah jadwal pelajaran anak, atau mengundang mentor untuk bisa membimbing anak. Inilah alasan kenapa Kelas Pintar bisa #DipercayaOrangTua untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anaknya.(tp)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year