Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Aplikasi informasi cuaca makin interaktif

10:19:14 | 30 Apr 2019
Aplikasi informasi cuaca makin interaktif
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) - BPPT meluncurkan BBTMC Info yaitu informasi cuaca berbasis aplikasi percakapan (chat) sehingga mudah diakses masyarakat luas.

“Biasanya informasi cuaca harus akses ke website tertentu atau harus unduh aplikasi khusus. Namun, kami memanfaatkan aplikasi chat yang banyak digunakan para pengguna smartphone untuk update informasi cuaca bagi masyarakat,” ujar Kepala BBTMC Tri Handoko Seto, kemarin.

Tri Handoko Seto mengatakan BB-TMC malakukan terobosan membuat bot chat ini untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi seputar cuaca.

“Dengan asumsi aplikasi Telegram sudah banyak digunakan mayoritas pemegang smartphone. Kami membantu mempermudah penyampaian informasi cuaca yg near-real-time tanpa harus install aplikasi tambahan atau buka browser untuk akses halaman web tertentu,” paparnya.

Perekayasa Muda sekaligus Group Leader Prediksi Cuaca dan Evaluasi Proses TMC BBTMC Halda Aditya Belgaman mengatakan ide pembuatan BBTMC Info dari pemanfaatan bot aplikasi Telegram untuk komunikasi.

“”Memang sudah banyak yang memanfaatkan bot Telegram untuk mengirimkan secara otomatis gambar atau teks untuk penyebarluasan informasi,” ujarnya.

Dijelaskannya, Bot Telegram merupakan aplikasi chat yang kode Application Programming Interface (API) tersedia untuk dikembangkan lebih lanjut oleh user-nya.

Telkom Marketing 2
“Jadi siapapun bebas dan boleh mengembangkan untuk tujuan apapun. Pengembangan BBTMC cukup singkat karena teknologinya sudah ada, jadi kami hanya menyesuaikan dengan data yang dimiliki,” ujarnya.

Akun bot BB-TMC berisikan berbagai informasi cuaca seperti monitoring hujan berdasarkan observasi radar Furuno, prediksi cuaca WRF (Weather Research and Forecasting), serta beberapa informasi pengamatan atmosfer lainnya. “Informasi yang dibutuhkan secara otomatis dikirim ke smartphone,” ujar Halda.

Angkasa Pura 2
Informasi cuaca diperoleh pengguna hanya dengan menambahkan akun BBTMC Info dalam aplikasi Telegram. Akun BBTMC Info dibuat berdasarkan data riset para peneliti BB-TMC mengenai ragam informasi cuaca.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma
Financial Analysis
CCSI raih dana IPO Rp50 miliar