Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

EMTEK matikan BBM, bagaimana nasib DANA?

11:36:23 | 22 Apr 2019
EMTEK matikan BBM, bagaimana nasib DANA?
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) telah memutuskan untuk menghentikan layanan BlackBerry Messenger (BBM) per 31 Mei 2019. (Baca: Penghentian BBM)

Hal yang menarik adalah pasca BBM tiada, bagaimana nasib dari DANA yang selama ini menjadikan BBM sebagai salah satu saluran pemasaran dompet digitalnya?

"Tak ada pengaruh bagi DANA (penghentian BBM) karena aplikasi berbeda. BBM hanya salah satu aplikasi yg menggunakan DANA sebagai payment option-nya. Ada aplikasi DANA stand alone," ungkap Chief Communications Officer DANA Chrisma Albandjar kepada IndoTelko, pekan lalu.  

DANA yang diperkenalkan ke publik pada 21 Maret 2018, memiliki 10 juta pengguna, 1 juta transaksi setiap harinya, dan 1.500 merchants yang tersebar di Jabodetabek dan Pulau Jawa.

Tahun ini DANA memiliki empat hal yang menjadi fokus pengembangan yaitu meningkatkan jumlah user, merchant, dan meningkatkan jumlah transaksi tidak hanya untuk belanja tetapi kirim uang untuk kebutuhan sehari-hari.  

Saat ini fitur DANA dapat dimanfaatkan untuk mendukung berbagai aktivitas bisnis, misalnya oleh pedagang di pasar tradisional, pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), pengemudi transportasi online, atau pelaku bisnis lain ketika mereka melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan pelanggannya.
 
Investor utama dari Dana adalah PT Elang Sejahtera Mandiri dengan porsi kepemilikan mencapai 99%.

Elang Sejahtera Mandiri merupakan akan usaha dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK). EMTEK memiliki kerjasama dengan Ant Financial, pemilik Alipay.

DANA mendapatkan dukungan teknologi dari Ant Financial. Teknologi Alipay sudah diakui keamanan dan kehandalannya di dunia transaksi digital.

Telkom Marketing 2
DANA telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang disyaratkan oleh BI sebagai lembaga teknologi finansial di Indonesia.

DANA hanya bekerja sama dengan bank-bank nasional, di antaranya Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank, Bank Permata, BTN dan Bank Sinar Mas.
 
DANA tidak menyimpan uang siapapun kecuali uang yang diletakkan di rekening penampungan (Escrow Account) untuk dana balance pengguna.

Angkasa Pura 2
Sistem DANA dikembangkan sebagai dompet yang hanya menyimpan jumlah dana terbatas sesuai dengan regulasi Bank Indonesia dan standar keamanan.(dn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma