telkomsel halo

Kominfo dorong klasifikasi data untuk amankan informasi

09:39:33 | 20 Feb 2019
Kominfo dorong klasifikasi data untuk amankan informasi
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong implementasi klasifikasi data sebagai metode pengamanan informasi bagi industri yang menyimpan potensi resiko tinggi guna menghindari kemungkinan terpaparnya data strategis ke publik.

"Dengan pemindahan data ke komputasi awan, pelaku industri perlu mengatur pengamanan akses data yang sama ketika data tersebut masih berbentuk fisik. Pelaku industri perlu mengimplementasikan klasifikasi data sebagai metode pengamanan informasi terlebih industri yang menyimpan potensi tinggi sehingga sektor ini perlu menghindari kemungkinan terpaparnya data strategis ke publik," papar Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sadjan saat memberikan sambutan dalam Seminar Diseminasi Hasil Riset Klasifikasi Data di Era Komputasi Awan seperti dikutip dari laman Kominfo (20/2).

Dijelaskannya, komputasi awan bisa menjadi solusi dalam menjalani Revolusi Industri 4.0. Penggunaan komputasi awan yang optimal akan berdampak pada perkembangan produk domestik bruto dan ekonomi digital. Selain itu keuntungan positif lain yang bisa didapat adalah optimalisasi produk layanan, peningkatan efektivtas kinerja dan menciptakan model bisnis yang lebih mudah.

Menurutnya, klasifikasi data dalam komputasi awan  sangat diperlukan untuk mencari instrumen yang relevan bagi pelaku industri sehingga potensinya bisa dimaksimalkan. 

Dalam Rancangan Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik terdapat  tiga tipe klasifikasi data yiatu data elektronik strategis, data elektronik tinggi dan data elektronik rendah. (Baca: Revisi PP PSTE)

"Pembagian itu berdasarkan pada sensitivitas dan dampak yang ditimbulkan jika terjadi pengungkapan informasi yang tidak sah atau terjadi gangguan akses terhadap penggunaan informasi atau sistem informasi," jelas Sadjan.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year